Cara Membersihkan Layar Laptop Bekas Keyboard

Cara Membersihkan Layar Laptop Bekas Keyboard

Cara Membersihkan Layar Laptop Bekas Keyboard – Pernahkah Anda frustrasi melihat layar laptop penuh noda bekas keyboard? Noda ini bukan hanya mengganggu penampilan, tetapi juga dapat memengaruhi kualitas gambar dan bahkan merusak layar jika tidak dibersihkan dengan benar.

Berikut beberapa masalah yang dapat ditimbulkan oleh layar laptop yang kotor:

  • Penurunan kualitas gambar: Noda dan debu dapat menghalangi cahaya yang keluar dari layar, sehingga membuat gambar terlihat redup dan tidak jelas.
  • Kerusakan layar: Bahan kimia keras dan tekanan yang berlebihan dapat merusak lapisan anti-gores dan anti-silau pada layar.
  • Gangguan kesehatan: Debu dan kotoran di layar dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan virus, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti alergi dan infeksi mata.

Jangan khawatir! Kami akan menunjukkan cara ampuh membersihkan layar laptop bekas keyboard dengan aman dan efektif.

Persiapan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Persiapan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan
sumber gambar : pexels.com

Sebelum memulai proses pembersihan, penting untuk mempersiapkan alat dan bahan yang tepat. Berikut alat dan bahan yang diperlukan:

Baca Juga :  Hal-Hal Penting Saat Jual Beli Laptop Bekas di Bandung

Alat

  • Kain mikrofiber: Pilih kain mikrofiber yang bersih dan halus. 
  • Kertas tisu: Gunakan kertas tisu untuk membersihkan kotoran yang membandel. Pilihlah kertas tisu yang bebas serat untuk mencegah goresan pada layar.
  • Cotton bud: Gunakan cotton bud untuk membersihkan area yang sulit dijangkau, seperti sudut layar.

Tempat jual laptop bekas

wa : 085333000861 website : www.tritop.co.id

Bahan

  • Air suling: Gunakan air suling untuk membuat larutan pembersih layar. Air biasa dapat mengandung mineral yang dapat meninggalkan residu pada layar.
  • Sabun cuci piring: Gunakan sabun cuci piring yang ringan dan bebas pewangi.
  • Larutan pembersih layar laptop: Anda dapat membeli larutan pembersih khusus di toko komputer. Pastikan larutan pembersih tersebut aman untuk jenis layar laptop Anda.

Tips tambahan

  • Siapkan dua kain mikrofiber: Gunakan satu kain untuk membersihkan dan satu kain untuk mengeringkan layar.
  • Siapkan mangkuk kecil: Gunakan mangkuk kecil untuk mencampurkan air suling dan sabun cuci piring.
  • Matikan laptop dan cabut kabel daya: Hal ini penting untuk menghindari korsleting dan kerusakan pada laptop.
  • Tutup layar laptop: Tutup layar laptop untuk melindungi keyboard dari larutan pembersih.

Cara Membersihkan Layar Laptop Bekas Keyboard

Cara Membersihkan Layar Laptop
sumber gambar : pexels.com

Sekarang setelah Anda memiliki alat dan bahan yang tepat, mari kita bahas cara membersihkan layar laptop bekas keyboard dengan langkah-langkah yang mudah diikuti:

1. Matikan Laptop dan Cabut Kabel Daya

Ini adalah langkah paling penting! Selalu matikan laptop dan cabut kabel daya sebelum mulai membersihkan. Ini untuk mencegah korsleting listrik dan kerusakan pada komponen laptop Anda.

2. Tutup Layar Laptop dengan Hati-hati

Hindari menyentuh layar dengan jari Anda. Tutup layar laptop dengan hati-hati untuk melindungi keyboard dari larutan pembersih.

3. Bersihkan Debu dan Kotoran Awal

Dengan layar dalam keadaan tertutup, gunakan kain mikrofiber kering yang bersih untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Lakukan gerakan memutar yang lembut untuk menangkap semua partikel. Anda juga dapat menggunakan kertas tisu bebas serat untuk langkah ini, tetapi berhati-hatilah agar tidak menggores layar.

Baca Juga :  Rekomendasi Laptop Bekas 2023

4. Siapkan Larutan Pembersih 

Jika noda keyboard cukup membandel, Anda dapat menggunakan larutan pembersih. Gunakan larutan pembersih layar laptop khusus yang dibeli dari toko komputer. Pastikan larutan tersebut aman untuk jenis layar laptop Anda (LCD, LED, atau OLED).

5. Basahi Kain Mikrofiber (dengan Larutan)

Basahi kain mikrofiber bersih Anda dengan larutan pembersih. Peras kain mikrofiber hingga lembap, tetapi tidak sampai menetes. Terlalu banyak cairan dapat merusak layar.

6. Bersihkan Layar Laptop dengan Gerakan Memutar

Dengan kain mikrofiber yang lembap, bersihkan layar laptop secara perlahan menggunakan gerakan memutar yang lembut.  Jangan menekan layar terlalu keras, karena hal ini dapat menyebabkan goresan.

7. Bersihkan Bagian Tepi Layar

Gunakan ujung kain mikrofiber yang bersih atau cotton bud yang sedikit dibasahi untuk membersihkan area yang sulit dijangkau, seperti sudut dan tepi layar. Pastikan tidak ada cairan yang menetes ke dalam bezel (bingkai) layar.

8. Keringkan Layar Laptop dengan Kain Mikrofiber Kering

Setelah selesai membersihkan dengan kain lembap, gunakan kain mikrofiber kering yang bersih untuk mengeringkan layar laptop sepenuhnya. Lakukan gerakan memutar yang lembut hingga tidak ada lagi noda air atau bekas larutan pembersih.

9. Periksa dan Ulangi jika Perlu

Hidupkan kembali laptop Anda dan periksa apakah semua noda sudah hilang. Jika masih ada noda membandel, ulangi langkah 6-8 dengan hati-hati, pastikan kain mikrofiber selalu lembap dan tidak basah.

Tips dan Trik dalam Membersihkan Layar Laptop

Tips dan Trik dalam Membersihkan Layar Laptop
sumber gambar : pexels.com

Membersihkan layar laptop bekas keyboard memang tidak sulit, tetapi ada beberapa tips dan trik tambahan yang dapat membantu Anda mencapai hasil yang lebih optimal dan menjaga kesehatan layar laptop Anda:

1. Atasi Noda Membandel

  • Untuk noda membandel seperti bekas makanan atau tinta, gunakan sedikit alkohol isopropil (IPA) 70% pada cotton bud. Basahi ujung cotton bud sedikit dengan alkohol, lalu usapkan perlahan pada noda. Ingat: Gunakan alkohol IPA hanya untuk noda membandel dan gunakan sesedikit mungkin.
Baca Juga :  5 Cara Merekam Layar di Laptop dengan Mudah

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Jangan bersihkan layar laptop di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat membuat larutan pembersih mengering terlalu cepat, meninggalkan noda air yang membandel.

3. Bersihkan Keyboard Secara Rutin

Membersihkan keyboard secara rutin dapat membantu mencegah kotoran berpindah ke layar. Gunakan penyedot debu mini atau kain mikrofiber kering untuk membersihkan sela-sela keyboard secara berkala.

4. Gunakan Pelindung Layar

Pelindung layar dapat membantu melindungi layar laptop Anda dari goresan dan noda. Pilih pelindung layar yang anti-silau untuk pengalaman menonton yang lebih nyaman.

5. Ganti Kain Mikrofiber Secara Berkala

Kain mikrofiber yang kotor dapat meninggalkan goresan pada layar. Ganti kain mikrofiber Anda secara berkala, terutama jika sudah terlihat kusam atau kotor.

6. Atasi Kebiasaan Buruk

Hindari menyentuh layar laptop dengan jari-jari Anda yang berminyak atau kotor. Gunakan stylus atau kain pembersih kacamata untuk interaksi dengan layar yang lebih higienis.

7. Jangan Biarkan Layar Terlalu Kotor

Bersihkan layar laptop Anda secara teratur, idealnya seminggu sekali atau lebih sering jika Anda menggunakannya dalam lingkungan yang berdebu.

8. Baca Instruksi Manual Laptop

Beberapa produsen laptop mungkin memiliki instruksi khusus untuk membersihkan layar. Periksa manual laptop Anda untuk mengetahui apakah ada rekomendasi khusus dari produsen.

Membersihkan layar laptop bekas keyboard memang penting untuk menjaga estetika dan performa laptop. Dengan mengikuti cara dan tips yang telah dijelaskan, Anda dapat membersihkan layar laptop bekas keyboard secara aman dan efektif. Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda dapat menjaga kebersihan layar laptop dan memperpanjang umurnya. Layar yang bersih tidak hanya akan terlihat lebih baik, tetapi juga akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan.

Tempat jual laptop bekas kondisi hidup maupun rusak 

Website : www.tritop.co.id

Wa : 085333000861

Instagram : tritop.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *