Keyboard Laptop Eror

Keyboard Laptop Eror

Keyboard laptop eror dapat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi penggunanya. Ketika keyboard mengalami kerusakan, pengguna tidak dapat mengetik atau melakukan tugas lainnya yang memerlukan keyboard.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada keyboard laptop termasuk tombol yang macet, keyboard mengetik sendiri, tombol yang tidak merespon, atau bahkan keyboard yang tidak berfungsi sama sekali. Penyebab kerusakan keyboard laptop bisa beragam, mulai dari kotoran atau debu yang terjebak di bawah tombol hingga kerusakan pada hardware internal.

Berikut ini adalah beberapa poin tentang cara mengatasi keyboard laptop eror:

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Eror

Cek Menggunakan Aplikasi Keyboard Laptop (Keyboard Test)

Keyboard Test adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengujian keyboard pada laptop. Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk memeriksa fungsi tombol keyboard seperti apakah tombol tersebut responsif atau tidak, apakah ada tombol yang macet, keyboard laptop mengetik sendiri atau apakah tombol tersebut menghasilkan karakter yang benar.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah mengetahui apakah ada masalah pada keyboard mereka dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Aplikasi Keyboard Test juga dapat membantu pengguna dalam mengidentifikasi masalah pada keyboard mereka sebelum membeli keyboard baru.

DOWNLOAD Aplikasi Keyboard Test DISINI

Membersihkan Keyboard Laptop Eror

Keyboard yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan masalah pada laptop. Oleh karena itu, membersihkan keyboard secara teratur dapat membantu mengatasi masalah keyboard yang eror. Anda dapat membersihkan keyboard dengan menggunakan lap lembut dan pembersih keyboard yang dijual di pasaran.

Baca Juga :  Tips Memilih Laptop Gaming

Mematikan Laptop

Jika keyboard masih eror setelah dibersihkan, cobalah untuk mematikan laptop dan kemudian nyalakan kembali setelah beberapa menit. Ini dapat membantu memperbaiki masalah keyboard yang eror.

Restart Laptop

Jika mematikan laptop tidak berhasil mengatasi masalah keyboard yang eror, cobalah untuk merestart laptop. Ini dapat membantu mengatasi masalah yang terkait dengan sistem operasi atau perangkat lunak.

Mengunci Keyboard dan Gunakan Aplikasi keyboard laptop di Windows

Keyboard Laptop Eror
Sumber Gambar : tritop.co.id

Jika keyboard laptop Anda mengalami masalah seperti eror atau mengalami kerusakan fisik, Anda dapat menonaktifkannya untuk sementara waktu. Cara terbaik untuk menonaktifkan keyboard laptop adalah dengan membuka Control Panel, lalu pilih “Device Manager” dan cari keyboard di daftar perangkat. Klik kanan pada keyboard dan pilih “Disable” untuk menonaktifkannya. Jika Anda ingin mengaktifkannya kembali, cukup pilih “Enable” pada opsi yang sama.

Untuk sementara bisa mencoba menggunakan aplikasi keyboard bawaan Windows/ On-Screen Keyboard, Klik Menu Windows lalu ketikkan keyboard, maka akan muncul aplikasinya, lalu klik pilih untuk membukanya, kamu bisa klik keyboardnya menggunakan cursor mouse/touchpad pada laptop.

Periksa Koneksi Kabel

Keyboard laptop terhubung ke motherboard melalui koneksi kabel. Jika kabel tersebut longgar atau rusak, maka keyboard dapat berfungsi dengan tidak semestinya. Pastikan kabel keyboard terpasang dengan benar dan tidak rusak.

Periksa Driver Keyboard

Jika masalah keyboard masih terjadi, pastikan driver keyboard telah diinstal dengan benar di laptop. Anda dapat memeriksa driver keyboard dengan membuka Device Manager dan mencari keyboard di daftar perangkat yang terinstal.

Gunakan Keyboard Eksternal

Jika semua cara di atas gagal, Anda dapat mencoba menggunakan keyboard eksternal. Ini akan memungkinkan Anda untuk tetap menggunakan laptop Anda tanpa harus memperbaiki keyboard laptop.

Baca Juga :  Cara Cepat Jual Laptop Bekas di Mojokerto

Itulah beberapa cara mengatasi masalah keyboard laptop yang eror. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat membawa laptop Anda ke toko reparasi terdekat untuk diperbaiki. Selalu pastikan laptop Anda dalam keadaan bersih dan terjaga untuk mencegah masalah keyboard yang tidak perlu.

Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Biaya Service Keyboard Laptop

Estimasi biaya untuk layanan perbaikan keyboard laptop eror dapat bervariasi tergantung pada kerusakan dan merek laptop yang dimiliki. Namun, secara umum, biaya untuk mengganti keyboard laptop berkisar antara 200 ribu hingga 500 ribu Rupiah.

Jika kerusakan lebih kompleks dan membutuhkan penggantian bagian yang lebih banyak, maka biayanya bisa mencapai lebih dari 1 juta Rupiah. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki keyboard laptop dengan segera setelah terjadi kerusakan kecil agar tidak memperparah kerusakan dan mengurangi biaya perbaikan.

Sebelum melakukan servis keyboard laptop, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi atau toko servis terkait estimasi biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki keyboard laptop Anda. Adanya jaminan atau garansi servis juga dapat mempengaruhi estimasi biaya yang dibutuhkan.

Jika tidak mau ribet dengan urusan Keyboard, kamu bisa jual laptop bekasmu di Tritop dengan instagram @tritop.id atau WA melalui 085333000861.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *