Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit

Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit tritop.co.id

Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit – Lagi enak-enak buka laptop beberapa menit tiba-tiba mati sendiri. Pasti sangat jengkel sekali, apalagi saat ngerjain tugas dan kerjaan yang lagi mepet juga laptop tersebut merupakan satu-satunya laptop yang ada.

Memang laptop mati sendiri setelah beberapa menit itu ada penyebabnya. Tapi karena kita yang terlalu ceroboh hingga tidak mengetahui laptop bermasalah yang perlu diperbaiki lagi. Jadi laptop yang mati sendiri setelah beberapa menit itu bisa dari kita sendiri maupun dari kondisi hardware nya.

Biar tidak terlalu panjang mari kita bahas mengenai laptop mati sendiri setelah beberapa menit dan cara mengatasinya. Yuk simak terus artikel ini!

Penyebab Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa menit

1. Overheating / Terlalu Panas

Penyebab laptop mati sendiri adalah terlalu panas. Hal ini dikarenakan laptop yang bekerja terlalu berlebihan, berdebu, menaruh diatas kasur, bantal, atau benda lainnya yang tidak datar. Ini sangat bahaya bagi laptop karena laptop bisa langsung mati. 

Untuk mengatasinya sebaiknya tidak terlalu berlebihan saat memakai laptop, menggunakan laptop yang tidak sesuai dengan kapasitasnya menyebabkan laptop cepat panas dan mati sendiri. Bersihkan debu yang menempel pada laptop, terutama pada dalam laptop. 

Jika debu tidak dibersihkan maka akan menghambat kinerja beberapa komponen penting seperti kipas dan heatsink. Jika komponen tersebut tidak bekerja dengan baik maka processor akan mengalami panas dan mengakibatkan laptop mati sendiri.

Baca Juga :  Layar Laptop Mati, Ini Cara Memperbaikinya!

Pastikan untuk membersihkan semuanya sekaligus jika ada beberapa komponen yang rusak maka segeralah ganti dengan yang baru agar laptop bisa semakin awet.

2. Baterai Laptop Bermasalah

Laptop bisa mati sendiri dikarenakan baterai yang sudah kehabisan daya atau karena terlalu sering di charger terlalu lama dan tidak pernah dicabut sama sekali. Hal ini menyebabkan kerusakan pada baterai sehingga sering terjadi laptop tiba-tiba mati sendiri padahal daya baterai masih banyak.

Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu selalu mengecek baterai apakah waktunya di charger atau belum, pada saat baterai di charger dan sudah terisi penuh maka segeralah dicabut agar baterai tidak terjadi kerusakan. 

Apabila baterai sudah rusak, maka sebaiknya ganti dengan yang baru yang sesuai dengan kebutuhan laptop. Jangan lupa untuk mengecek chargernya juga, apakah rusak atau tidak. Jika rusak maka ganti juga dengan yang baru.

Charger yang rusak itu berbahaya, bisa merusak beberapa komponen lain karena daya listrik yang dihasilkan tidak stabil. Seperti hardisk, ram, cpu bahkan motherboard dan beberapa komponen lainnya.

3. Adanya Debu Pada Kipas Pendingin Processor

Kalian pasti sudah tahu kalau debu atau kotoran yang menghambat kinerja kipas dan heatsink akan mengakibatkan laptop mati sendiri. Jika kipas dan heatsink tidak bekerja dengan baik maka processor akan panas dan mengakibatkan laptop mati sendiri.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya bersihkan debu dan kotoran secara berkala gunakan vacum penyedot debu atau menggunakan kuas jika tidak punya. Pastikan kipas dan heatsink bekerja dengan baik setelah dibersihkan.

4. Adanya Masalah Pada RAM

Laptop mati sendiri bisa disebabkan karena ram yang bermasalah. Hal ini terjadi karena mengoperasikan software atau game yang tidak sesuai dengan kinerja ram yang mengakibatkan ram tersebut mengalami kerusakan. 

Baca Juga :  Jual Beli Laptop Terdekat

Kamu bisa mengupgrade ram yang lebih besar yang bisa mengangkat software atau game yang kamu butuhkan. Beli yang baru atau jika dana kurang bisa memakai ram bekas yang masih bagus.

5. Sistem Operasi Yang Bermasalah

Mengalami kegagalan pada sistem operasi bisa mengakibatkan laptop mati sendiri. Kadang ada software atau driver yang bentrokan dan tidak kompatibel dengan laptop sehingga laptop jadi bermasalah dan mati sendiri.

Jika kamu mengalaminya maka sebaiknya gunakan software atau driver yang cocok dengan laptop dan seringlah mengupdate software atau driver tersebut.

Demikian artikel mengenai laptop mati sendiri setelah beberapa menit. Untuk kamu yang mau jual laptop bisa kunjungi situs tritop.co.id atau hubungi nomor wa 085333000861.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *