5 Penyebab Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala

Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala Tritop.co.id

Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala – Sudah menjadi hal yang sering terjadi jika layar laptop mati tapi lampu indikator menyala. Kira-kira apa penyebabnya ya? Kondisi ini memang sangat mengganggu, apalagi terjadi pada saat kita dalam mengerjakan hal penting yang sangat darurat.

Kenapa tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu sebelum rusak? Haha, sangat lucu sekali jika laptop bisa memberitahu hal tersebut, tetapi itu jelas tidak mungkin. Jika bisa memberitahukan bahwa akan rusak itu akan sangat membantu dan tidak akan pusing lagi. 

Tapi kita tutup dulu pembahasan tersebut, karena kita akan membahas beberapa hal yang akan membantu kamu jika layar laptop mati tapi lampu indikator menyala. Yuk kita langsung saja ke pembahasan.

Layar Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Nyala

1. Periksa Kondisi Baterai

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa kondisi baterai laptop kamu. Hal ini bisa terjadi karena baterai merupakan komponen penting yang menyuplai daya pada komponen lainnya.

Apabila laptop kamu belum menerapkan sistem baterai tanam, kamu bisa melepaskan baterai tersebut dan coba pasang charger tanpa baterai kemudian nyalakan. Jika bisa menyala, maka baterai laptop bermasalah. Untuk mengatasinya kamu perlu membeli baterai baru agar laptop bisa berfungsi normal kembali.

Apabila laptop menggunakan sistem baterai tanam, maka kamu perlu membongkarnya secara hati-hati. Jika tidak bisa membongkar sendiri, bawa saja laptop ke tempat service agar laptop bisa segera normal lagi.

Baca Juga :  Hal Yang Membuat Laptop Rusak

2. Mematikan Laptop Secara Paksa

Cara ini bisa di gunakan untuk kondisi ini, caranya adalah dengan menekan tombol power selama 10 detik hingga lampu indikator mati. Tunggu beberapa saat kemudian coba hidupkan lagi dengan cara biasanya. 

3. Periksa Kondisi Layar

Layar menjadi kunci untuk menampilkan gambar yang di kirimkan oleh komponen yang ada pada laptop. Jika terjadi masalah pada layar maka gambar tidak akan muncul. Untuk itu sebaiknya periksa layar laptop kamu, bisa jadi ada kerusakan pada layar atau kabel layar yang tidak terpasang dengan baik.

Untuk mengetas apakah terjadi kerusakan pada layar, kamu bisa memakai monitor komputer. Hidupkan laptop dan sambungkan dengan monitor nya, jika hidup maka di pastikan terjadi masalah pada layar laptop tersebut. Segeralah ganti layar dengan yang baru agar bisa di gunakan kembali, tapi jika darurat sementara gunakan monitor komputer tersebut.

4. Periksa RAM Laptop

RAM yang rusak bisa menjadi masalah terutama pada layar laptop yang akan mati. Untuk mengatasi masalah tersebut bongkar laptop dan copot RAM tersebut, bersihkan secara hati-hati dan menyeluruh. Gunakan penghapus untuk membersihkan RAM tersebut.

Jika sudah selesai, pasang kembali dan lihat hasilnya. Jika masih belum nyala kemungkinan terjadi kerusakan pada RAM tersebut, untuk itu coba ganti RAM dengan yang baru yang sesuai dengan laptop.

5. Periksa Kondisi VGA

VGA berperan penting untuk menampilkan gambar ke layar laptop. Jika terjadi masalah pada VGA maka laptop tidak akan menampilkan gambar lagi walaupun lampu indikator menyala.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu hanya perlu membawanya ke tempat service handal agar laptop bisa segera di tangani dan hidup kembali.

Baca Juga :  Penyebab & Solusi Mainboard Laptop Rusak

Itulah beberapa cara yang bisa kami bagikan untuk mengatasi layar laptop mati tapi lampu indikator menyala. Sebagai tips tambahan, gunakan charger yang berfungsi dengan baik karena bila menggunakan charger yang rusak itu bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat lainnya dan laptop bisa mati total. Hal ini bisa terjadi karena daya yang dihasilkan tidak stabil dan akan membuat komponen terganggu sehingga laptop bisa mati.

Kamu juga bisa menjual laptop rusak dengan mudah dan cepat di situs tritop.co.id atau hubungi kami di nomor wa 085333000861.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *