7 Penyebab Harddisk Laptop Rusak

Penyebab harddisk laptop rusak tritop.co.id

Hard Disk Drive (HDD) adalah hardware yang berfungsi sebagai media penyimpanan dari file maupun software sebuah laptop atau computer PC.

Komponen satu ini begitu penting perannya, apabila terjadi kerusakan pada hardisk laptop, kamu tentunya akan sangat kesal dan kebingungan. Karena semua file penting kamu tersimpan di perangkat ini.

Seiring pesatnya kemajuan tekhnologi, hardisk memiliki perubahan yang amat besar. Jaman dulu, hardisk begitu tebal dan lebar, namun kini hardisk begitu ramping dan kecil dan kapasitas yang semakin lega.

Seperti halnya komponen laptop / computer lainnya, hardisk juga bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencegah kerusakan itu terjadi.

Kerusakan pada harddisk bisa disebabkan dari berbagai macam, berikut ini ulasan dari admin Laptopmati.id mengenai apa saja penyebab harddisk laptop bisa rusak.

Penyebab Harddisk Laptop Rusak

1. Suhu Panas Berlebih (Overheat)

Kita ketahui bahwa untuk menjalankan perannya, komputer maupun laptop membutuhkan daya listrik sebagai energi dari komponen-komponennya. 

Penggunaan laptop dalam waktu yang lama tentu akan menimbulkan panas yang berlebih sehingga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponennya, tak terkecuali pada hardisk.

Semakin sering kamu biarkan overheat pada laptop kamu bisa menyebabkan kerusakn pada hardisk laptop kamu. Jadi sebaiknya matikan laptop ketika suhu sudah terasa panas.

Baca Juga :  Tempat Jual Laptop Bekas di Palembang

Dan untuk meminimalisir terjadinya overheat, bisa dengan menambahkan kipas pada perangkat laptop kamu.

2. Terlalu Sering Aktivitas Instalasi Software

Sebagian dari kita biasanya sering melakukan instalasi sebuah software jika ada software baru yang menarik. Kegiatan ini biasanya dilakukan seorang gamer yang tertarik pada game keluaran terbaru.

Padahal aktivitas semacam ini bisa menimbulkan kerusakan pada hardisk, software berat yang biasanya membutuhkan daya yang besar bisa membuat hardisk bekerja lebih ekstra yang kemudian bisa menimbulkan overheat.

3. Terjadi Benturan 

Semua komponen yang ada pada laptop sangat rawan akan kerusakan apabila terjadi benturan. Laptop yang jatuh bisa berakibat fatal pada kompononennya, termasuk hardisk. 

Kita ketahui, komponen hardisk terdiri dari cakram/disk. Apabila ini mengalami benturan, bisa membuat kinerjanya bermasalah. Benturan yang keras bisa membuat hardisk tidak bisa digunakan sama sekali.

4. Aliran Daya Listrik Yang Tidak Stabil

Perangkat computer dan laptop memiliki asupan daya yang harus stabil. Ketidak stabilan aliran listrik pada laptop bisa memicu kerusakan pada komponen yang ada didalamnya.

Ketika aliran listrik tidak stabil, bisa mengurangi putaran cakram hardisk dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan hardisk kamu karena bisa saja hardiskmu mengalami kerusakan bad sector.

Bad sector yaitu ketika salah satu sector dalam hardisk yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa untuk menyimpan dan membaca data.

Untuk komputer PC, kamu bisa menambahkan stavolt untuk mengantisipasi tidak stabilnya listrik yang ada dirumahmu.

5. Pemakaian Yang Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Apalagi dalam pemakaian pada laptop atau computer. Karena sejatinya, komponen laptop jika bekerja dalam waktu yang lama akan memicu kerusakan, begitu pula dengan hardisk.

Istirahatkan perangkat laptop kamu ketika sudah dirasa terlalu lama digunakan. Sebagaimana kamu yang juga butuh istirahat, hardisk yang ada di laptop juga butuh istirahat agar tidak mudah panas.

6. Laptop Sering Mati Mendadak

Penyebab yang bisa membuat hardisk laptop kamu rusak selanjutnya yaitu ketika laptop kamu mati tiba-tiba. Pastikan segera charger laptop kamu ketika notifikasi baterai sudah menunjukkan keadaan low batterai. 

Baca Juga :  4 Tempat Service Laptop Bali

Hindari penggunaan laptop dengan mencopot baterai dan dihubungkan langsung dengan listrik melalui charger. Karena ini bisa membuat laptop mati secara tiba-tiba ketika listrik terjadi pemadaman.

Selain itu, hindari melakukan force shutdown atau mematikan dengan sengaja. Karena cakram hardisk yang semula berputar kemudian mendadak berhenti bisa menimbulkan kerusakan.

7. Hardisk Yang Telah Usang

Perangkat yang sudah usang karena usia yang sudah tua tentu akan mengalami penurunan kinerja. Begitu pula yang akan dialami dengan hardisk laptop kamu. Jika sudah mengalami tanda tanda bermasalah, segera back up semua file yang ada dalam hardisk dan ganti dengan hardisk yang baru.

Ciri-Ciri Harddisk Yang Mulai Rusak

Hardisk jika tidak digunakan dengan baik dan benar akan menimbulkan berbagai masalah pada laptop kamu. Sangat disayangkan bukan jika kerusakan pada hardisk bisa menyebabkan data-data penting yang ada di laptop bisa hilang.

Segera perbaiki hardisk kamu ketika sudah muncul tanda-tanda adanya masalah pada hardisk laptop kamu. Berikut ini ciri-ciri hardisk sudah mulai rusak.

1. Bunyi Berisik Pada Harddisk

Jika muncul bunyi berisik dari hardisk kamu dan terdengar tidak seperti biasanya merupakan gejala ada yang salah dengan hardisk kamu. Ini terjadi ketika hardisk bekerja terlalu berat atau terjadinya eror sehingga menimbulkan bunyi yang sangat mengganggu.

2. Harddisk Menjadi Lelet

Indicator menyala seolah olah hardisk sedang bekerja seperti biasa namun kualitasnya menjadi sangat lelet menandakan hardisk kamu sedang tidak baik-baik saja. Bisa saja karena ada virus atau bisa juga karena komponennya ada yang rusak sehingga hardisk tidak bisa membaca data.

3. Blue Screen

Blue screen memang ciri khas yang muncul ketika ada yang eror pada komponen laptop kamu. Tak terkecuali pada hardisk. Blue screen muncul saat booting disertai bunyi sebagai kode eror.

4. Tidak Bisa Diformat

Hardisk yang bermasalah biasanya dicirikan dengan tidak bisa diformat. Akan muncul pesan eror ketika kamu hendak memformat hardisk.

Baca Juga :  4 Tempat Jual Beli Laptop Bekas di Makassar

Ini terjadi karena media penyimpanan ini gagal saat melakukan scanning file sehingga membuat format tidak bisa.

5. Tidak Bisa Copy & Reading

Gejala hardisk laptop yang rusak bisa ditandai dengan tidak bisanya copy maupun reading dari file kamu. Coba restart computer atau laptop dan coba kembali, jika tetap gagal sudah dipastikan ada masalah pada hardiskmu. 

6. Banyak File Yang Hilang

Selain karena masalah dari virus, file yang banyak hilang juga merupakan indikasi dari hardisk yang rusak. 

7. Hardisk Tidak Terbaca System

Ciri-ciri lainnya ketika hardisk gagal terbaca oleh BIOS saat booting. Namun hal ini bisa saja kembali normal setelah di restart. Jika sudah demikian, perlu anda waspadai bahwa hardisk kamu sedang bermasalah.

8. Laptop Restart Sendiri

Ketika laptop kamu tiba-tiba restart dengan sendirinya itu menandakan adanya kerusakan pada komponen didalam laptop kamu termasuk hardisk. 

Biasanya restart sendiri terjadi ketika suhu laptop yang sudah panas berlebih atau overheat.

9. Muncul Kode Aneh Dari Harddisk

Hardisk bermasalah biasanya ditandai dengan munculnya kode aneh seperti hieroglyph, ares, ceres, dan lain-lain. 

10. Harddisk Mudah Panas

Suhu panas atau overheat sudah tidak dapat dihindarkan dari perangkat laptop atau computer jika penggunaan yang berat dalam kurun waktu yang lama.

Namun perlu anda curigai ketika overheat muncul dalam waktu yang singkat sejak menggunakan laptop, bisa-bisa ada yang rusak pada hardware laptop kamu seperti harddisk.

Itulah beberapa penyebab dan ciri dari harddisk laptop yang sudah mulai rusak. Agar harddisk menjadi tahan lama, maka jangan lupa untuk merawat hardisk kamu dengan cara menghapus atau meng-uninstall aplikasi yang jarang digunakan supaya harddisk tidak cepat penuh dan memberatkan kinerja harddisk.

Untuk kamu yang bingung mau jual laptop rusak kemana, bisa hubungi kami di nomor wa 085333222881/ 085333000861 bisa juga kunjungi situs laptopmati.id / tritop.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *