Biaya Service Laptop Mati Total

Biaya Service Laptop Mati Total Tritop.co.id

Biaya Service Laptop Mati Total – Laptop memang sangat berguna untuk segala kebutuhan, apalagi untuk kerja. Tapi apakah laptop kamu pernah mengalami kerusakan? Laptop bisa rusak kapan saja karena laptop juga barang elektronik. 

Kerusakan yang sering terjadi pada laptop adalah keyboard rusak, touchpad rusak, LCD rusak, baterai rusak, atau bahkan yang paling parah adalah laptop mati. Sebenarnya kerusakan-kerusakan tersebut bisa diperbaiki, mengganti beberapa komponen yang rusak itu bisa dilakukan sendiri atau memakai jasa service laptop.

Berapakah biaya service laptop mati total? Laptop mati bisa saja kerusakannya dari berbagai hal, bisa processor, atau motherboard. Sebelum itu mari kita lihat biaya kerusakan laptop mulai dari yang ringan sampai yang mati total. Untuk biaya service laptop mati total sangatlah mahal bisa sampai jutaan tergantung jenis laptop dan tipenya.

Berikut Biaya-Biaya Service Laptop

1. Install Ulang & Flash Bios

Install ulang dan Flash Bios sama-sama berhubungan dengan sistem operasi bedanya install ulang menyimpan data di hard drive sedangkan flash bios di motherboard.

Untuk biaya install ulang adalah 50 ribu sampai 150 ribu, tergantung sistem operasi yang digunakan. Sedangkan untuk flash bios adalah 100 ribu sampai 300 ribu, memang harganya agak mahal karena flash bios harus menggunakan alat khusus.

2. Ganti LCD Laptop

LCD harus diganti karena sudah mulai bergaris, pecah, buram atau mati. Untuk biayanya sendiri sangat mahal karena LCD harus diganti dengan yang baru juga harga LCD tergantung jenis laptop dan lebar LCD nya. Jika layar laptop lebar dan harga laptop mahal maka harga LCD juga mahal, biasanya mulai mengganti hingga memasang LCD baru sekitar 700 ribu sampai 1,5 juta.

Baca Juga :  Tips Jual Beli Laptop Bekas

3. Mengganti Speaker Laptop

Kerusakan speaker sendiri ada dua hal yaitu pada sistem nya atau hardwarenya. Jika kerusakan hanya pada sistem nya maka hanya perlu memasang ulang driver di laptop dengan harga nya sekitar 50 ribu.

Sedangkan kalau hardwarenya yang rusak maka perlu menggantinya, untuk biayanya sendiri kamu perlu menyiapkan uang sebesar 300 ribu.

4. Mengganti RAM Laptop

Jika RAM laptop rusak kamu hanya perlu menggantinya dengan yang baru, kamu bisa mengganti dengan yang 2 gb atau yang 4 gb seterusnya. Tapi harus sesuai dengan yang dibutuhkan laptop, untuk harganya sendiri bervariasi mulai dari yang 2 gb sekitar 250 ribu sedangkan yang 4 gb sekitar 400 ribu.

5. Mengganti Keyboard Laptop

Ini sering terjadi pada laptop-laptop, biasanya karena ada debu yang masuk kedalam dan mengganggu prosesnya atau jarang sekali dipakai sehingga keyboard rusak. 

Jika hanya service saja biasanya harganya murah antara 80 ribu sampai 150 ribu. Tetapi jika keyboard perlu diganti maka harus membelinya dengan yang baru, harga setiap keyboard berbeda-beda tergantung jenis dan tipe laptopnya. Untuk biaya nya sendiri kamu harus menyiapkan antara 300 ribu sampai 500 ribu.

6. Mengganti HDD / SSD

Jika HDD / SSD rusak biaya service nya tidak sampai 200 ribu, tetapi HDD / SSD biasanya tidak akan bertahan lama, jadi harus mengganti dengan yang baru. Hardisk dengan ukuran 500 gb harganya mulai dari 400 ribu sampai 1 juta. Sedangkan SSD sendiri cukup mahal untuk ukuran 120 gb saja mulai dari 300 ribu.

7. Mengganti Baterai Laptop

Kamu bisa membeli baterai laptop dengan harga mulai dari 300 ribu sampai 800 ribu, tergantung jenis laptop dan tipenya. Semakin tinggi spesifikasi laptop semakin mahal juga harga baterainya.

Baca Juga :  Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

8. Mengganti Chipset Laptop

Chipset atau processor laptop yang rusak harus diganti dengan yang baru, untuk harganya sendiri mulai dari 500 ribu sampai 700 ribu, tergantung jenis processornya.

9. Mengganti Motherboard Laptop

Mengganti motherboard sangatlah mahal, karena motherboard sendiri pusat dari semua komponen yang berjalan. Untuk biaya servicenya sendiri 500 ribu sampai 1,5 jutaan, sedangkan kalau sampai menggantinya bisa sampai 3 jutaan tergantung jenis dan tipe laptopnya.

Biaya service laptop mati total memang sangat mahal, tapi kalau laptop bisa hidup kembali itu sangat berguna juga. Uang yang dikeluarkan jadi tidak percuma karena laptop bisa dipakai lagi.

Segera kunjungi Tritop jika kamu mau jual laptop, karena disana kamu bisa jual laptop bekas maupun baru dalam segala kondisi. Lokasinya berada di Jl. Tukad badung no.130 Renon Denpasar Bali, bisa juga secara online di situs tritop.co.id atau hubungi kami di nomor wa 085333000861.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *