Hal Yang Membuat Laptop Mati Sendiri

Laptop Mati Sendiri tritop.co.id

Laptop Mati Sendiri – Pernahkah laptop kamu mati sendiri, padahal baterai masih banyak. Pasti kesel kan! Apalagi saat kerja dan belum sempat menyelesaikannya. 

Ada banyak hal yang bisa membuat laptop mati , kadang kita tidak tahu dan menyimpulkan bahwa laptop tersebut tidak bisa di perbaiki lagi bahkan ada juga yang langsung membuangnya. Kan rugi , padahal kalau ketemu masalahnya bisa di pakai lagi.

Laptop mati sendiri ada 2 penyebabnya, dari dalam dan dari luar. Kamu harus lebih berhati-hati dalam merawat laptop, apalagi kalau laptop bekas. Kami telah mencatat beberapa hal yang bisa membuat laptop mati sendiri, yuk simak baik-baik!

Penyeybab Laptop Mati Sendiri

1. Kegagalan Perangkat Keras

Penyebab pertama laptop mati sendiri adalah kegagalan perangkat keras. Itu terjadi karena perangkat keras yang sudah usang dan perlu di ganti. Mungkin kamu pernah mencoba untuk membongkar laptop sendiri dan mengganti spare part yang rusak seperti hardisk, ram, keyboard, dll. Karena tidak terpasang dengan baik laptop tidak mau menyala.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus mengecek bagian mana pemasangannya yang salah dan segera perbaiki. Padahal sepele tapi bisa berbahaya kalau tidak segera diatasi.Tapi jika masih tidak bisa, segera ke tempat yang ahli dibidang tersebut.

2. Laptop Terlalu Panas

Laptop panas biasanya disebabkan karena beban yang diberikan berlebihan, bisa juga karena ditaruh di tempat yang bersuhu tinggi dan ditaruh atas benda yang mudah menyerap panas.

Baca Juga :  Biaya Service Laptop Mati Total

Komputer atau laptop dilengkapi dengan heatsink dan kipas yang berfungsi mengeluarkan panas. Jika heatsink dan kipas rusak, laptop jadi cepat panas yang mengakibatkan laptop mati sendiri

Periksan heatsink dan kipas, jika kotor segera dibersihkan agar tidak mengganggu kinerjanya. Tapi jika rusak segera bawa ke tempat servis yang terpercaya.

3. Masalah Ram

RAM merupakan komponen penting dalam laptop. Jika tiba-tiba RAM laptop rusak maka laptop akan berhenti bekerja atau mati sendiri. Hal ini sering terjadi karena RAM tidak mampu menampung beban berat yang diberikan, kadang juga karena RAM tersebut berkualitas buruk.

Segeralah ganti RAM tersebut menggunakan RAM dengan kualitas bagus dan penyimpanannya besar agar laptop tidak rusak lagi dan aplikasi tetap berjalan.

4. Charger Rusak

Jika charger rusak segeralah menggantinya dengan yang baru, karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat yang lainnya.

5. Masalah Baterai

Baterai dapat rusak karena penggunaan laptop lama dan pengisian daya yang berlebihan, penggunaan game dan software yang besar juga dapat menyebabkan masalah pada baterai.

Jika laptop mati tiba-tiba cek baterai apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Bawa ke tempat servis yang terpercaya, jika baterai benar-benar rusak, segeralah beli yang baru, pastikan baterai memiliki ampere yang sama dengan laptop.

6. Kesalahan Sistem Operasi

Jika kamu suka mengotak atik sistem operasi atau telah merubah driver pada laptopmu. Hal ini dapat menyebabkan laptop mati sendiri, terutama jika yang di ubah BIOS.

7. Ada Virus 

Adanya virus di laptop bisa menyebabkan laptop mati, tapi laptop masih bisa dihidupkan kembali. Virus-virus tersebut biasanya diaktifkan oleh aktivitas tertentu seperti mengunduh file, membuka program tertentu.

Baca Juga :  5 Penyebab Laptop Mati Total & Solusinya

Aktifkan anti virus terbaik dengan latar belakang bagus untuk menangkal virus tersebut. Bersihkan semua virus yang ada pada laptop.

8. Terkena Air

Sering orang lalai dalam menaruh minuman di sebelah laptop, padahal itu bisa berakibat fatal. Jika laptop terkena air itu bisa berbahaya apalagi sampai masuk kedalam, padat menyebabkan gangguan yang bisa membuat laptop mati.

Untuk mengatasi masalah tersebut pastikan menaruh minuman jauh dari laptop agar terhindar dari kerusakan.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop mati , harus lebih berhati-hati dalam merawat laptop supaya laptop awet.

Laptop tidak terpakai bisa hubungi kami di nomor 085333000861 atau kunjungi situs tritop.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *