9 Penyebab Laptop Mati

Laptop Mati tritop.co.id

Laptop Mati – Laptop sangat penting yang bisa di pakai di manapun dan kapanpun untuk para pekerja atau pelajar, khususnya pekerja kantor dan mahasiswa. Tapi saat ini laptop juga sangat di butuhkan untuk pelajar pada tingkat SMA/SMK.

Tidak hanya mempermudah dalam pekerjaan, tapi juga untuk belajar online, bisa dari youtube, facebook, instagram, tiktok, twitter, dll. 

Lebih enak mana laptop atau komputer kak? Secara keseluruhan sama, bedanya laptop lebih praktis, karena dapat di bawa ke mana-mana. Tapi jika laptop tidak dirawat dengan baik, sering terjadi kerusakan atau yang paling parah laptop tersebut tidak mau hidup/mati.

Jika laptop mati jangan bingung, cari dulu penyebabnya. Untuk itu simak baik-baik artikel ini, karena akan kami bagikan hal-hal yang menyebabkan laptop mati

9 Penyebab Laptop Mati

1. Baterai Laptop Bermasalah

Penyebab pertama yaitu baterai bermasalah. Pasti kamu tahu bahwa baterai merupakan sumber daya untuk laptop. Baterai menyimpan daya yang akan dikonsumsi laptop, jika daya pada baterai habis bisa di isi ulang.

Jika sudah di cas tapi laptop tidak mau menyala bisa jadi baterai atau chargernya yang bermasalah. Coba cek satu persatu antara baterai dan chargernya.

Penyebab baterai laptop rusak biasanya membiarkan charger laptop terus terpasang meskipun baterai sudah terisi penuh, arus tegangan yang masuk tidak stabil, memakai laptop secara berlebihan dan tidak pernah dimatikan.

Baca Juga :  Laptop Mati Total, Apa Penyebabnya?

2. Processor Bermasalah

Processor merupakan komponen utama yang sangat penting dalam mengoperasikan laptop. Jika processor rusak maka laptop tidak akan pernah hidup.

Penyebab processor rusak karena overheating,fan dan heatsink yang kotor dan berdebu, pasta processor yang kering. Cobalah untuk mengatasinya dengan mengganti pasta yang kering dan membersihkan kotoran dan debu yang menempel. Pastikan memasang kembali pada posisinya.

3. Adaptor Laptop Bermasalah

Bisa jadi laptop mati terjadi karena adaptor yang bermasalah. Untuk mengetahuinya bisa cek pasokan listrik dan pastikan daya listrik yang mengalir melalui stop kontak atau stabilizer yang digunakan. Jika output yang dikeluarkan stabilizer tidak menunjukkan tegangan yang terukur maka terjadi kerusakan pada stabilizernya.

Untuk itu coba sambungkan charger laptop ke sumber listrik langsung agar dapat menyelesaikan masalah tersebut. Pastikan adaptor menyala untuk mengetahui penyebab laptop mati. Periksa juga kabelnya apakah ada yang putus atau tidak.

4. RAM Laptop Bermasalah

RAM sendiri sangat berperan penting dalam mengoperasikan laptop. Berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara. Saat laptop dinyalakan lampu indikator dan mesin menyala, tetapi layar tidak menampilkan apapun. Ini bisa jadi RAM laptop bermasalah.

Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa melepas RAM dan membersihkan dengan penghapus pensil kemudian pasang kembali dengan sempurna. Gunakan slot yang ke-2 jika ada dan nyalakan ulang laptopnya.

5. Mainboard Bermasalah

Mainboard merupakan komponen penting pada laptop. Fungsinya adalah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Jika mainboard rusak maka laptop tidak bisa dinyalakan sama sekali. Hal yang menyebabkan mainboard rusak adalah suplai arus listrik yang masuk tidak stabil. Hal ini sering terjadi saat tegangan listrik naik turun.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Mati Total

6. Komponen Power Bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah terjadi masalah pada komponen powernya. Biasanya ditandai dengan lampu indikator yang mati padahal adaptornya normal. Periksa bagian socket DC laptop, sebab kerusakan pada socket menyebabkan listrik tidak mengalir dengan benar dalam laptop.sehingga menjadi penyebab laptop mati. 

7. Terkena Virus atau Malware

Mungkin ini sering terjadi pada laptop kamu. Kebanyakan virus itu dari perangkat luar seperti USB. Virus dapat membuat kinerja laptop laptop jadi lambat, cepat panas, bahkan bisa menyebabkan mati.

8. Suhu Laptop Terlalu Panas

Pada saat memakai laptop pastikan suhu laptop dalam keadaan dingin. Laptop yang terlalu panas bisa menyebabkan laptop mati tiba-tiba. Laptop jangan ditaruh diatas kasur, sofa, bantal, atau benda lain yang permukaannya tidak rata dan tidak stabil sehingga sirkulasi udara jadi terganggu.

9. Kipas Pendingin Laptop Bermasalah

Ketika kipas pendingin laptop mati, laptop akan menjadi cepat panas hingga menyebabkan mati sendiri. Karena fungsi kipas pendingin mngeluarkan panas processor. Pastikan debu yang ada di dalam dibersihkan agar tidak menghambat kinerja kipas.

Merawat laptop sangat penting agar bisa dipakai dengan nyaman, kalau laptop sampai mati, servisnya bisa mahal lo!

Untuk kmau yang mau jual laptop bekas bisa hubungi kami di nomor 085333000861 atau kunjungi situs tritop.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *