Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup tritop.co.id

Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup – Pernah ngalamin laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah bahaya untuk laptop? Nah, jika kamu mengalami hal tersebut jangan panik dulu, ada beberapa penyebab yang bisa membuat laptop mati. Bisa karena processor, bisa juga karena ram atau charger dan power supply. 

Setiap laptop akan mengalami hal yang sama jika ada komponen tersebut yang bermasalah. Tapi tidak perlu khawatir karena semua masalah itu bisa diselesaikan. Untuk itu kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup. Yuk simak terus artikel ini.

Penyebab Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup dan Cara Mengatasinya

Ada banyak sekali masalah pada laptop yang membuat kita bingung bahkan sampai panik sendiri. Tetapi semua itu bisa diatasi jika kita tahu masalah tersebut, berikut cara mengatasi hal tersebut :

1. Masalah pada RAM

Laptop mati bisa disebabkan karena RAM bermasalah. RAM berfungsi untuk membaca semua sistem dalam perangkat komputer atau laptop. Saat RAM laptop bermasalah maka laptop tidak akan berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan penghapus. Bersihkan secara hati-hati agar tidak rusak, setelah itu pasang kembali dan coba lagi. Apabila belum berhasil sebaiknya ganti RAM dengan yang baru yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Masalah pada Processor

Processor memiliki peran penting pada laptop dan komputer. Jika laptop kamu indikator baterainya menyala tapi tidak tampil apapun, maka bisa jadi terjadi masalah pada processor.

Baca Juga :  Service Laptop Cepat

Processor merupakan otak yang apabila terjadi masalah, maka laptop tidak akan berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya segera ganti processor dengan yang baru yang kompatibel dengan laptop atau komputer.

3. Charger Laptop Bermasalah

Selain hal diatas, laptop mati bisa dikarenakan charger bermasalah. Hal ini karena daya yang dikeluarkan tidak stabil sehingga membuat beberapa komponen penting rusak seperti baterai, hardisk, dan lainnya. 

Charger yang bermasalah juga membuat kinerja laptop tidak berjalan dengan baik. Sehingga laptop mengalami gangguan dan tidak menyala dengan baik.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya segera ganti charger dengan yang baru yang sesuai dengan laptop. Apabila charger tidak segera diganti maka akan menyebabkan kerusakan yang parah bahkan bisa merusak motherboard. Sehingga laptop akan mengalami kerusakan bahkan bisa mati total.

4. Socket Laptop

Faktor lain yang menyebabkan laptop mati adalah karena socket laptop bermasalah. Hal ini akan membuat kinerja baterai tidak dapat bekerja dengan baik dan akan menyebabkan kerusakan.

Jika ini terjadi, maka sebaiknya segera service ke tempat yang handal dan dapat dipercaya. Segera ganti socket-socket yang bermasalah agar laptop tidak mengalami kerusakan lagi.

Hal lain yang bisa kamu lakukan apabila laptop mati tapi indikator baterai hidup adalah dengan menekan tombol power beberapa detik. Untuk melakukan ini sebaiknya charger dilepas dulu, dan tekan tombol power beberapa detik.

Lihat reaksi laptop, apabila belum berhasil maka gunakan power reset. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Reset power digunakan untuk memastikan apakah ada masalah pada baterai atau bukan.

Caranya yaitu dengan memutuskan semua sumber daya listrik yang ada pada laptop seperti melepas charger dan baterai laptop. Tujuannya agar tidak ada daya yang terhubung ke laptop. Kemudian tekan tombol power beberapa detik.

Baca Juga :  Tempat Jual Laptop Bekas di Tasikmalaya

Setelah itu, pasang kembali baterai dan charger ke arus listrik, nyalakan kembali. Apabila masih belum mau hidup maka sebaiknya segera bawa ke tempat service center atau tempat service laptop kepercayaan.

Nah, itulah beberapa hal cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup. Semoga dapat membantu dan terima kasih.

Untuk kamu ynag memiliki laptop rusak bisa langsung hubungi nomor 085333000861 atau kunjungi situs tritop.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *