Layar Laptop Mati, Ini Cara Memperbaikinya!

Layar Laptop Mati Tritop.co.id

Layar Laptop Mati – Masalah layar mati sering terjadi pada laptop padahal mesin masih menyala. Beberapa kondisi lain yang sering terjadi juga adalah layar laptop yang tidak mau menyala sama sekali mesin juga mati dan ini sangat membingungkan. Sebenarnya apa penyebab layar laptop mati?

Jika layar mati itu sangat mengganggu, terlebih saat kita sangat membutuhkannya. Pekerjaan jadi berantakan jadi akan membutuhkan waktu untuk selesai sesuai jadwal. Kalau begitu apa yang menyebabkan layar laptop mati? Layar mati bisa terjadi karena beberapa hal seperti kerusakan pada hardware, RAM yang bermasalah yang bisa menyebabkan layar tidak akan menyala.

Hal lain juga bisa menyebabkan layar mati seperti video card yang buruk. Jika video card rusak akan ada tulisan no display di layar kamu. Selain itu banyak juga penyebab layar mati mendadak dan kami akan mengulasnya dalam kesempatan kali ini. Untuk mengatasi kerusakan pada layar kamu bisa mencoba beberapa tips berikut supaya kamu bisa cepat menyelesaikan masalah pada laptop kamu.

Cara Memperbaiki Layar Laptop Mati

1. Cek Kabel Fleksibel Layar Laptop

Kabel fleksibel laptop berfungsi untuk mentransfer gambar ke layar monitor, bisa jadi ada masalah dengan kabel tersebut. Untuk mengetesnya bisa menggunakan monitor eksternal, apabila menampilkan gambar bisa jadi kabel fleksibel layar bermasalah. Cara mengatasinya yaitu dengan menggantinya, untuk lebih amannya bawa ke tempat service yang handal.

Baca Juga :  Penyebab Laptop Asus Mati Total

2. Cek Panel Display Layar Laptop

Jika layar laptop hitam tiba-tiba penyebab yang sering terjadi adalah adanya kerusakan pada panel displaynya. Untuk mengeceknya yaitu dengan menggunakan monitor eksternal, jika layar monitor eksternal menampilkan gambar dan kabel fleksibel normal maka, bisa jadi sumber masalahnya adalah panel display yang rusak. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti panel display layar dengan yang baru.

3. Cek VGA Laptop Masih Bagus

Cek juga kondisi vga laptop, apabila rusak maka harus segera di ganti. Umumnya vga laptop tertanam di motherboard sehingga sebaiknya bawa ke tempat service yang bagus untuk menanganinya.

4. Cek RAM Laptop

Layar laptop yang mati bisa terjadi karena ram yang rusak. Sebaiknya segera bersihkan laptop dengan cara menggosoknya dengan penghapus, hati-hati agar pin nya tidak rusak. Setelah selesai pasang kembali dan coba nyalakan laptop untuk mengecek bisa atau tidak.

Apabila masih tidak berhasil, coba bawa ke tempat service untuk mengatasinya dengan ram lain yang sesuai. Jika berhasil maka ram yang lama harus di ganti dengan yang baru agar laptop bisa normal kembali.

5. Laptop Terlalu Panas ( Overheat )

Laptop yang terlalu panas sangat berbahaya untuk laptop, ini bisa mengakibatkan laptop mati. Hal ini terjadi karena debu dan kotoran yang menempel sehingga mengganggu kinerja laptop. Jika laptop terlanjur panas segera bersihkan debu dan kotoran tersebut agar berfungsi lebih optimal, jika masih belum cukup gunakan kipas eksternal untuk membantunya.

6. Update Driver VGA

Kamu perlu sering-sering mengupdate driver vga kamu ke yang terbaru. Apalagi laptop kamu sering di gunakan untuk keperluan yang tinggi seperti gaming dan editing. Aplikasi yang tidak kompatibel dapat menyebabkan gambar tidak keluar sama sekali.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Mati

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan jika layar laptop mati. Terlebih jika cara ini masih bisa di pakai maka tidak perlu repot-repot pergi ke tempat service, tetapi jika kamu kesulitan sebaiknya segera pergi ke tempat service handal. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam mengatasi laptop bermasalah.

Apabila malas service dan mau jual laptop, bisa hubungi kami di nomor wa 085333000861 atau kunjungi di situs tritop.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *