Ciri-Ciri IC Power Laptop Rusak & Cara Memperbaikinya

Ciri ic power rusak tritop.co.id

Ciri-ciri + Penyebab IC Power Laptop Rusak – IC Power laptop kamu rusak? Apasih ciri-ciri dan penyebabnya? Yuk simak tulisan ini sampai habis.

IC power merupakan komponen penting bagi alat elektronik terutama yang menggunakan baterai sebagai sumber penyimpan daya listrik.

IC Power (Integrated Circuit Power) ialah sirkuit terintegrasi atau jembatan yang menghubungkan perangkat elektronik dengan sumber arus listrik.

Jadi, fungsi IC Power laptop itu untuk menghubungkan arus listrik dengan komponen laptop seperti mainboard, RAM, VGA, Monitor dan sekaligus untuk menyalurkan listrik ke baterai laptop saat proses charging.

Selain sebagai penghubung, IC Power ini juga berfungsi untuk mengontrol tegangan yang dibutuhkan komponen yang ada di dalam laptop.

Lantas bagaimana jika IC Power laptop mengalami kerusakan? Dan apa efeknya? Nih admin kasih tahu.

Ciri-Ciri IC Power Laptop Rusak

1. Baterai Tidak Terisi Saat di Charge

Pernahkah kalian mengalami baterai laptop tidak terisi saat melakukan charging? Jika iya, kemungkinan IC Power laptop kamu sudah rusak.

Walaupun indikasi baterai tidak mau ngisi ini bukan hanya dari IC power yang bermasalah, karena bisa jadi disebabkan oleh baterai laptop atau charger yang sudah rusak.

Untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa coba pinjem charger atau baterai laptop orang lain yang mirip dengan jenis laptop kamu. Kemudian coba charging, jika ternyata baterai bisa terisi saat dicas, maka permasalahannya bukan pada IC power laptop, melainkan dari baterai atau charger laptop yang kamu miliki.

Baca Juga :  Layar Laptop Mati, Ini Cara Memperbaikinya!

Namun jika baterai tetap tidak bisa ngisi, bisa dipastikan penyebabnya adalah IC power bermasalah.

Indicator baterai eror dan muncul pemberitahuan “Plugged In, Not Charging”

Ciri selanjutnya terdapat pada indicator baterai saat dicas eror. Eror yang dimaksud disini yaitu pada jumlah persen baterai yang berubah-ubah drastis. Kadang 0 persen, tiba-tiba berubah 99 persen.

Selain pada indicator baterai yang eror, kerusakan pada IC power laptop juga bisa ditandai dengan munculnya pemberitahuan “Plugged In, Not Charging” pada baterai saat melakukan pengecasan.

2. Lampu Indicator Charging Tidak Menyala

Untuk mengenali kerusakan pada IC power selanjutnya yaitu pada lampu indicator baterai saat proses charging tidak menyala. 

Kita ketahui setiap laptop memiliki lampu indicator charging. 

Biasanya baterai dalam keadaan low akan ditandai dengan lampu indicator berwarna merah atau orange, dan baterai yang sudah penuh ditandai dengan warna putih.

Nah, jika lampu indicator tersebut tidak nyala sama sekali, besar kemungkinan penyebabnya adalah IC power bermasalah. 

3. Laptop Tidak Hidup Sama Sekali (Matot)

Dilihat dari segi fungsinya, IC power itu sebagai jembatan penghubung arus listrik dengan komponen yang ada pada laptop.

Jika IC power ini rusak parah, dampak terbesarnya selain ciri-ciri diatas yaitu laptop kamu akan mati total walaupun dengan langsung menggunakan adaptor sekalipun.

Solusi terbaiknya hingga saat ini yaitu dengan mengganti dengan IC power laptop yang baru.

4. IC Tidak Terbaca Multi Tester

Ketika ciri-ciri diatas muncul, maka seorang teknisi akan membongkar laptop dan mengecek kondisi IC power untuk memastikan kerusakannya.

Jika IC power yang benar-benar rusak maka IC tidak akan terbaca saat di cek dengan multi tester atau Avometer.

Baca Juga :  Biaya Servis Laptop Rusak Biasa & Laptop Mati Total

Penyebab IC Power Laptop Bisa Rusak

Setelah kalian ketahui apa saja ciri-ciri IC power yang bermasalah, alangkah baiknya ketahui juga hal-hal yang bisa menyebabkan timbulnya kerusakan pada IC power laptop kalian, sebagaimana yang admin rangkum berikut ini.

1. Laptop Mengalami Overheat

Overheat atau suhu panas berlebih memang menjadi momok bagi pengguna laptop.

Pasalnya, terlalu sering laptop kalian mengalami overheat bisa menimbulkan menurunnya kinerja laptop kamu. 

Dalam kasus yang lebih parah, overheat bisa menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen laptop seperti Mainboard, RAM, HDD, dan tak terkecuali pada IC Power laptop kesayangan kalian loh.

Overheat terjadi ketika suhu didalam laptop kamu tidak bisa keluar karena sirkulasi udara yang buruk. Hindari mengoperasikan laptop diatas kasur, karena itu bisa membuat udara panas terjebak didalam laptop.

Selain itu, kondisi bagian dalam laptop yang kotor juga bisa menjadi penyebabnya.

2. Laptop Terkena Air 

Laptop yang terkena air bisa menimbulkan masalah yang sangat serius, gagal fungsi dari komponen laptop hingga terjadinya konsleting bisa disebabkan oleh air. 

Hindari menaruh minuman disamping laptop, agar terhindar dari kecerobohan yang bisa menumpahkan minuman kedalam laptop.

Selain itu, jangan menyimpan laptop dalam ruangan yang lembap, karena bisa menimbulkan masalah pada komponen laptop seperti IC power.

3. Terjadi Konsleting

Konsleting atau arus pendek terjadi karena komponen laptop bermasalah. Bisa disebabkan pemasangan komponen yang kurang pas, atau proses solder yang kurang sempurna.

Selain itu, suhu panas berlebih bisa menyebabkan terjadinya konsleting hingga membakar komponen penting yang ada dalam laptop. Tak terkecuali pada IC power laptop kamu.

Operasikan laptop kamu dengan bijak, istirahatkan sesaat setelah penggunaan laptop dalam kurun waktu yang lama agar konsleting karena overheat dapat dihindari.

Baca Juga :  10 Permasalahan MacBook Air dan Cara Mengatasinya

4. Penggunaan Charger KW atau Palsu

Charger laptop memiliki jumlah tegangan yang berbeda dengan laptop lainnya. Karena charger sudah didesain untuk menyuplai tenaga listrik sesuai dengan yang dibutuhkan komponen yang ada pada laptop.

Penggunaan charger yang bukan asli bawaan laptop bisa membuat beberapa komponen bermasalah, seperti baterai dan IC power laptop.

Jadi, hindari kebiasaan ini agar baterai dan IC power laptop kamu menjadi awet dan tidak mengalami kerusakan.

Harga IC Power Laptop

Harga IC Power laptop dapat berbeda tergantung jenis laptop kamu dan di daerah mana kalian tinggal. 

Jadi langkah terbaik untuk memastikan hal ini yaitu silahkan cek di toko laptop di daerah mu, atau lebih simpelnya dengan cara cek di marketplace. 

Ketikkan IC power sesuai jenis laptop Asus, jenis IC Power Laptop Acer, jenis IC Power Laptop Lenovo, dan merek lain.

Untuk kisaran harganya itu berada  di harga Rp. 10.000, hingga Rp. 100.000.

Cara Memperbaiki IC Power Laptop

Satu-satunya cara untuk memperbaiki IC power yaitu dengan mengganti IC yang baru. Silahkan bongkar laptop kamu, atau lebih jelasnya lihat tutorial di youtube tentang bagaimana cara bongkar dan perbaiki ic laptop.

Namun admin sih lebih menyarankan untuk memanggil teknisi atau bawa ke tempat service laptop agar mendapatkan penanganan yang benar dan tepat. 

Biaya Servis Ganti IC Power Laptop

Untuk biaya masih dalam kisaran ratusan ribu rupiah. Karena beda daerah biasanya beda harga pula.

Sekian artikel tentang penyebab dan ciri-ciri IC power laptop yang rusak.

Semoga bermanfaat.

Bagi laptop yang tidak mau hidup tapi malas service bisa jual ke kami di laptopmati.id / tritop.co.id, bisa juga langsung hubungi kami di wa 085333222881/085333000861.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *