Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard laptop tidak berfungsi tritop.co.id

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Ini Penyebab + Cara Memperbaikinya – Keyboard laptop rusak sudah pasti pernah dialami oleh pengguna laptop. Karena keyboard sangat rawan terjadi kerusakan atau eror jika tidak dijaga kebersihannya dari kotoran dan debu.

Mungkin yang menjadi pertanyaan kamu, apakah keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali bisa diperbaiki? Jawabannya sangat bisa, tergantung jenis kerusakan yang timbul.

Keyboard yang eror, mengetik sendiri maupun ada beberapa tombol yang tidak berfungsi tentu akan menghambat pekerjaan kamu. 

Karena dilihat dari segi fungsi, keyboard adalah komponen computer yang berfungsi sebagai alat input berupa tulisan maupun perintah windows seperti ctrl+s yang berarti save atau menyimpan file.

Jadi, ada masalah apa nih dengan keyboard laptop kamu? Tidak berfungsi sebagian tombol atau tidak bisa semuanya / rusak total?

Jadi simak sampai habis ya tentang bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak ini. 

Tapi, alangkah baiknya sebelum membahas cara benerin keyboard, ketahui dulu apa aja sih penyebab keyboard bisa rusak.

Penyebab Keyboard Laptop Rusak

1. Keyboard Kotor

Penyebab pertama dari rusaknya keyboard adalah dengan adanya debu atau kotoran menumpuk dibawah keyboard. Karena kotoran yang menempel pada bagian bawah tombol keyboard bisa membuat keyboard eror dan tidak berfungsi.

Baca Juga :  Jual Beli Laptop Terdekat

2. Keyboard Laptop Terkena Air

Tumpahan air yang mengenai laptop dan masuk ke sela-sela keyboard bisa membuat komponen satu ini tidak berfungsi. Terlebih jika sampai masuk hingga mainboard, bisa menyebabkan terjadinya konsleting pada bagian dalam laptop kamu.

3. Bantalan Karet Yang Sudah Rusak

Dibawah tombol keyboard laptop terdapat kareng yang berfungsi untuk menghubungkan ketikan tombol ke bagian bawah keyboard. Jika bantalan karet ini sudah tidak elastis, kemungkinan tombol akan memencet terus menerus dan tidak tidak bisa kembali.

4. Konektor Keyboard Tidak Terpasang Dengan Baik

Penyebab lainnya dari kerusakan keyboard bisa berasal dari konektor penghubung antara keyboard ke mainboard tidak terpasang dengan baik ataupun terlepas.

Jika konektor tidak terpasang tentu keyboard tidak akan berfungsi keseluruhan.

5. Driver Keyboard Yang Bermasalah

Semua komponen pada laptop memiliki driver masing-masing. Driver ini berfungsi sebagai perangkat lunak dari suatu perangkat keras. Jika driver keyboard laptop kamu out off date, bisa dipastikan berdampak pada efektivitas kinerja keyboard.

6. Gangguan Virus

Gangguan dari sebuah virus atau malware bisa berdampak pada gagal fungsi suatu hardware. Termasuk juga pada keyboard laptop kesayangan kamu loh. 

Virus tertentu bisa saja menghambat system operasi untuk mengenali perintah dari keyboard, dan bahkan bisa saja keyboard mengetik sendiri tanpa kita pencet.

Setelah kalian ketahui tentang berbagai penyebab dari erornya sebuah keyboard, berikut admin memberikan tips bagaimana cara memperbaiknya. Ini bisa kamu lakukan pada keyboard laptop Asus, Acer, Samsung, HP, Thosiba, Lenovo maupun merek lainnya.

Cara memperbaiki keyboard laptop eror / tidak berfungsi

1. Restart Laptop Kamu

Jika terjadi suatu permasalahan pada hardware laptop kamu, langkah awal yang bisa kamu ambil adalah dengan cara me-restart laptop kamu. 

Karena yang biasanya terjadi dari suatu permasalahan secara tiba-tiba bisa hilang dengan hanya melakukan restart.

Baca Juga :  Layar Laptop Mati, Ini Cara Memperbaikinya!

Namun jika dengan me-restart masalah yang muncul tetap ada, baru lakukan diagnose secara intensif. Tindakan ini juga berlaku pada keyboard yang tidak berfungsi.

2. Periksa Num Lock

Beberapa tombol keyboard akan mengalami eror atau gagal fungsi jika Num Lock dalam keadaan aktif. 

Num Lock sendiri berfungsi untuk mengkonfersikan beberapa tombol ke dalam mode numerik. Jadi pastikan mode Num Lock sedang dalam keadaan tidak aktif.

Untuk mematikan mode Num Lock, cukup tekan tombol FN dibarengi dengan tombol “NumLk” secara bersama-sama. Tapi hal ini bisa berbeda pada jenis keyboard yang lain.

3. Lakukan System Restore

Ketika system mengalami crash setelah menginstal suatu aplikasi atau melakukan konfigurasi pada keyboard juga bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi.

Cara mengatasinya yaitu dengan mengembalikan ke pengaturan semula dengan memanfaatkan restore pada windows.

Cara melakukan restore yaitu masuk ke “Control Panel” kemudian masuk pada bagian “system and security” lalu pilih “back up your computer” kemudian klik “recover system setting or your computer” setelah itu pilih “Open system restore” dan ikuti sesuai Wizard hingga laptop meminta untuk restart.

4. Ada Masalah dengan Driver Keyboard

Masalah keyboard tidak berfungsi bisa juga karena driver yang usang. Mengatasinya cukup mudah yaitu silahkan update driver keyboard laptop kamu.

Jika masalah masih tetap muncul setelah update driver, kemungkinan ada masalah dengan hardware nya.

5. Bersihkan Keyboard dari Debu dan Kotoran

Keyboard yang kotor akan mengganggu kinerjanya. Rutinlah untuk membersihkan bagian luar laptop agar debu dan kotoran tidak masuk melalui sela-sela tombol. 

Bersihkan keyboard dengan cara menyedot dengan vacuum cleaner. Namun jika masih dirasa kurang bersih, opsi lain yaitu dengan mencopot tombol keyboard, kemudian bersihkan papan sirkuit keyboard dengan kain bersih.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Karena semakin lama usia dan seringnya penggunaan laptop biasanya banyak debu yang sudah menempel pada papan sirkuit. Agar bersih maksimal, berikan cairan alcohol pada kain bersih.

6. Konektor Keyboard Terlepas

Jika langkah-langkah diatas masih belum juga mengatasi keyboard kamu, silahkan cek konektor keyboard laptop kamu dengan cara membongkar laptop.

Biasanya jika keyboard sering mengalami eror karena tidak terbaca ataupun tidak berfungsi sama sekali, masalahnya bisa berasal dari konektor yang renggang maupun terlepas.

7. Lepas Baterai Laptop

Langkah selanjutnya yang bisa kamu coba untuk memperbaiki keyboard eror adalah dengan mereset laptop kamu. 

Caranya yang pertama shut down terlebih dahulu laptop kamu, kemudian lepaskan baterai maupun adaptor dan biarkan beberapa menit. Kemudian tekan dan tahan tombol power selama satu menit.

Setelah itu coba pasang kembali baterai kamu dan nyalakan laptop.

8. Ganti Keyboard Baru

Jika opsi mengatasi diatas masih tidak membuahkan hasil yang maksimal. Silahkan ganti keyboard laptop kamu dengan yang baru. 

Namun yang perlu diperhatikan, keyboard harus sesuai dengan jenis laptop kamu.

9. Tambahkan Keyboard Eksternal

Keyboard bawaan laptop yang tidak berfungsi bisa diatasi dengan menggunakan keyboard eksternal. Harganya pun relative murah ketimbang harus mengganti keyboard bawaan laptop kamu.

10. Pakai On-screen Keyboard

Jika beberapa tombol saja tidak berfungsi, dan dalam keadaan mendesak, kamu bisa coba menggunakan On-screen keyboard yang ada pada windows.

Cara menggunakannya pun cukup masuk ke start menu, pilih Program, kemudian pilih Accessories, kemudian klik Accessibility, lalu pilih On-Screen Keyboard.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi, keyboard mengetik sendiri, maupun keyboard mati total.

Laptop rusak karena lama tidak dipakai bisa di jual ke situs laptopmati.id / tritop.co.id, bisa juga langsung hubungi kami di 085333222881/085333000861.

Sekian tulisan ini kami buat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *