Laptop Mati Hidup Berulang Ulang

Laptop Mati Hidup Berulang Ulang tritop.co.id

Laptop Mati Hidup Berulang Ulang – Apa yang harus dilakukan ketika laptop mati hidup berulang ulang? Kenapa laptop mati hidup berulang ulang? Mungkin di antara kamu pernah mengalaminya, bingung mau ngapain atau harus diapakan biar normal kembali.

Masalah pada laptop sering muncul karena beberapa alasan, sebagai contoh sering terjadi masalah pada keyboard karena laptop lama tidak dipakai atau LCD karena terbentur sesuatu atau bahkan laptop mati karena beberapa komponen penting sudah rusak.

Masalah-masalah terjadi karena ada beberapa alasan, bisa dari kita sendiri yang salah dalam merawat atau memang dari laptop yang sudah tua dan harus diganti. 

Nah, kali ini kami akan membahas beberapa hal yang menyebabkan laptop mati hidup berulang ulang, jika kamu mengalaminya yuk simak terus artikel ini!

Penyebab Laptop Mati Hidup Berulang Ulang

1. Periksa dan Perhatikan Suara Beep Pada Saat Laptop Dinyalakan

Suara beep mempermudah kita dalam mengetahui beberapa masalah pada komponen laptop seperti keyboard, ram dan yang lainnya. Kamu bisa memperhatikan dan mendengarkan suara beep yang berbunyi pada laptop yang mulai dinyalakan, jika kelewatan kamu bisa mengulanginya kembali sampai ketemu masalah pada laptop tersebut.

2. Periksa Suhu Laptop

Periksa apakah laptop mendapatkan sirkulasi udara yang baik dikarenakan jika suhu komponen atau hardware laptop terlalu panas atau mungkin terjadi overheat maka membuat laptop mati sendiri. Untuk mengatasinya cobalah bongkar dan periksa apa ada kotoran atau debu yang menghambat kinerja beberapa komponen. 

Baca Juga :  4 Rekomendasi Jual Beli Laptop di Jogjatronik

Bersihkan satu-satu dan pasang kembali tetapi jika suhu masih belum normal kamu bisa menambahkan beberapa kipas eksternal untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

3. Adanya Korsleting Listrik

Periksa kembali apa ada listrik pada laptop yang mengalami korslet! Karena jika sampai terjadi maka menyebabkan laptop menyala dan mati kembali. Jika sampai terjadi periska bagian-bagian laptop untuk mencari masalah tersebut. 

Karena jika tidak diatasi maka akan terjadi masalah serius, seperti merusak beberapa komponen penting seperti ram, hardisk hingga motherboard yang merupakan komponen paling penting.

4. Komponen Laptop Bermasalah

Ada beberapa penyebab laptop mati sendiri karena beberapa komponen bermasalah seperti hardisk, ram, processor atau bahkan motherboard. Penyebabnya karena beberapa komponen tersebut mengalami korsleting. 

5. Beban Kerja Laptop Terlalu Berat

Jika laptop bekerja terlalu berat yang tidak sesuai dengan kapasitasnya itu bisa menyebabkan overheat dan akhirnya laptop mati sendiri. Jika laptop sampai mati itu akan menyebabkan masalah, nah untuk itu sebaiknya laptop diistirahatkan terlebih dahulu beberapa jam agar bisa digunakan kembali nanti.

6. Adanya Virus

Kemungkinan yang menyebabkan laptop mati adalah adanya virus. Virus bisa merusak sistem laptop sampai laptop tidak bisa berjalan optimal, menyebabkan lemot dan sebagainya. Virus juga bisa mengurangi daya laptop bahkan sampai bisa menyebabkan laptop mati sendiri.

Sebaiknya gunakan antivirus yang sangat terpercaya, lakukan pemeriksaan berulang-ulang agar virus tidak bisa masuk ke laptop lagi.

7. Program Crash

Meskipun sepele tapi beberapa aplikasi atau program  bisa menyebabkan laptop mati sendiri lo. Biasanya terjadi pada pemasangan driver yang tidak sesuai dengan hardware dan OS pada laptop. Jika sudah terlanjur di install segeralah mencopot kembali aplikasi atau program tersebut dan gunakan aplikasi atau program yang kompatibel dengan laptop.

Baca Juga :  Harga Laptop Bekas di Bawah 1 Juta

8. Baterai dan Pengisi Daya Yang Rusak

Penyebab laptop mati sendiri selanjutnya adalah karena baterai kehabisan daya atau karena sudah rusak. Periksa kembali baterai dengan cara mengisi daya kembali jika normal maka baterai bisa digunakan kembali. 

Tetapi jika masalah terjadi karena pengisi daya rusak maka segeralah menggantinya dengan yang baru. Karena pengisi daya yang rusak akan menyebabkan beberapa masalah serius yang sangat berakibat fatal seperti merusak baterai atau beberapa komponen penting lainnya seperti hardisk atau bahkan motherboard.

Menjaga laptop dari beberapa masalah tidak mudah dan tidak terlalu sulit, jika sudah mengetahui masalah laptop maka kamu bisa mengatasinya sendiri maupun dengan bantuan seorang ahli di bidangnya.

Untuk kamu yang mau jual laptop bekas bisa hubungi kami di nomor 085333000861 atau kunjungi tritop.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *