Penyebab Kipas Laptop Mati

Kipas Laptop Mati tritop.co.id

Kipas Laptop Mati – Kipas laptop merupakan salah satu komponen penting yang membantu menstabilkan suhu pada laptop. Apabila terjadi masalah pada kipas laptop maka akan membahayakan laptop seperti laptop terlalu panas. 

Ketika laptop membuka suatu program yang berat seperti game atau aplikasi editor maka processor akan meningkat sehingga suhu pada laptop juga meningkat. Nah disinilah fungsi kipas diperlukan, kalau kipas rusak atau bermasalah maka laptop akan cepat panas dan jika dibiarkan saja maka laptop bisa mati sendiri.

Apa yang menyebabkan kipas mati? Sebetulnya ada banyak sekali penyebab kipas mati diantaranya seperti karena berdebu, karena arus listrik tidak stabil dan lainnya.

Untuk mengatasi agar kipas tidak mati maka, kali ini kami akan membahas beberapa hal yang bisa membuat kipas laptop mati dan cara mengatasinya. 

Penyebab Kipas Laptop Mati

1. Kipas Laptop Mati Karena Berdebu

Seiring dengan digunakannya laptop, debu yang menempel pada laptop juga akan banyak. Jika tidak rutin membersihkannya maka bisa jadi debu tersebut akan menghambat kinerja beberapa komponen salah satunya adalah kipas.

Jika debu semakin banyak maka akan cepat panas. Kipas yang terganggu kinerjanya akan melemah dan mungkin kipas akan berhenti berfungsi atau mati, sehingga laptop bisa mengalami overheating. Menaruh laptop pada posisi yang salah juga bisa membuat laptop panas juga, seperti menaruh di atas kasur, bantal, sofa atau menaruh di atas permukaan yang tidak rata lainnya.

Baca Juga :  5 Penyebab Laptop Mati Total & Solusinya

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya rutin untuk membersihkan debu dan kotoran dari dalam dan luar laptop. Apabila kipas laptop terlanjur rusak atau mati maka sebaiknya harus segera diganti dengan yang baru.

2. Kipas Laptop Mati Karena Arus Listrik Tidak Stabil

Arus listrik yang tidak stabil bisa membahayakan komponen lain seperti kipas, hardisk, baterai atau bahkan motherboard sendiri. Sehingga akan menyebabkan kerusakan parah dan bisa menyebabkan laptop mati juga. 

Jika arus listrik sudah terlanjur tidak stabil, sebaiknya berhenti mengoperasikan laptop tersebut. Periksa satu-satu, apakah ada komponen lain yang rusak, ganti dan pasang kembali.

3. Kipas Laptop Mati Karena Faktor Usia 

Tidak perlu dipertanyakan lagi, barang elektronik pasti akan mengalami kerusakan jika sudah pada waktunya termasuk juga kipas laptop. Kipas yang sudah sepenuhnya tidak berfungsi sebaiknya segera diganti dengan yang baru dan sesuai dengan laptop tersebut, agar laptop bisa segera digunakan kembali dan dipakai dengan nyaman.

Kamu juga bisa mengatur kecepatan putaran kipas agar sesuai dengan yang dibutuhkan, tidak terlalu lemah atau terlalu cepat juga. Bisa juga atur kecepatan putaran kipas di menu BIOS pada laptop.

Kamu juga bisa mengatasi kipas mati / rusak dengan cara membersihkannya. Bersihkan semua debu yang ada secara hati-hati, apabila masih tidak mau menyala pada tahap terakhir harus segera di ganti dengan yang baru. Apabila ragu atau tidak punya kemampuan untuk membongkar atau mengganti kipas maka sebaiknya minta bantuan kepada teman atau ke tempat service yang handal dan terpercaya.

Sebelum kamu menyelesaikan suatu masalah pada laptop, sebaiknya carilah dulu sumber dari masalah tersebut. Bisa jadi masalah tersebut tidak hanya pada satu bagian melainkan pada bagian yang lain seperti ada kabel yang lepas atau salah dalam pemasangan dan lain sebagainya. 

Baca Juga :  3 Tempat Jual Beli Laptop Rusak

Itu saja yang bisa kami bagikan mengenai penyebab kipas mati dan cara mengatasinya. Semoga dapat membantu dan menjadi solusi untuk laptop. 

Jika memiliki laptop rusak tidak terpakai bisa jual ke kami di tritop.co.id atau hubungi nomor 085333000861.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *