Penyebab MacBook Pro Tidak Bisa Di Charger

MacBook Pro Tidak Bisa Di Charger tritop.co.id

Adakah dari kalian semua, pengguna laptop MaccBook, yang merupakan produk keluaran perusahaan Apple seperti MacBook Air atau MacBook pro.

Produk keluaran Apple ini sangat diminati bagi kalangan atas, karena selain portabilitasnya MaccBook juga merupakan Brand yang sangat bergengsi. Kalian dapat menggunakan Macbook kapanpun dan dimanapun untuk keperluan kerja atau kegiatan lainnya.

Pada dasar nya Apple sudah memberikan Standart penggunaan MacBook dengan keadaan baterai full maksimal selama 6 sampai 8 jam untuk menjaga kesehatan baterai MacBook. Jika baterai kita kosong atau minimal terisi daya 25% kita harus segera men – Charge MacBook.

Dalam penggunaan yang cukup lama sering kali MacBook mengalami masalah seperti MacBook Pro tidak bisa di Charger. Dikarenakan penggunaan yang relative lama atau kualitas baterai menurun.

Lalu bagai mana cara mengatasinya? Sebelum itu kita harus tahu terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan MacBook tidak bisa di Charger.

Penyebab MacBook Pro Tidak Bisa Di Charger

1. Magsafe/Charger Rusak

Magsafe ialah sebutan dari Charger MacBook yang kita gunakan,keteledoran kita dalam menyimpan atau meletakan Magsafe sehingga Magsafe terjatuh atau terbentur benda tumpul bisa merusak Adaptor dari Magsafe.

Kurangnya kehati hatian dalam mencolok Port Magsafe pada MacBook sehingga membuat Port Magsafe tergores, dan kurangnya kebersihan pada Port Magsafe bisa menjadi indikasi kenapa MacBook Pro tidak bisa di Charger.

Baca Juga :  7 Daftar Laptop Terbaik 2021

2. Sistem Sofware Bermasalah

Yang dimaksud system software bermasalah disini ialah masuknya virus yang menyerang system software Macosx.

3. Hardware Bermasalah

Biasanya ini terjadi jika MacBook mengalami benturan dengan benda tumpul atau MacBook terjatuh dari tempat yang cukup tinggi.

4. Kondisi Baterai Melemah

Kondisi ini terjadi jika baterai sudah mencapai kondisi maksimum penggunaan. Apple sudah mengatur Standart kesehatan baterai yakni saat baterai mencapai 1000 Cycle Count dan terdapat indikasi kesehatan baterai seperti “Service Battery”.

5. Pemakaian Overheat

Overheat sering kali jadi penyebab MaccBook Pro tidak bisa di Charger. Memaksakan penggunaan MacBook dengan kondisi baterai lemah atau menggunakan MaccBook saat proses pengisian baterai dengan jangka waktu yang lama.

Setelah kita sudah tahu apa saja penyebabnya, baru kita bisa melakukan tindakan untuk mengatasi MacBook tidak bisa di Charger. Berikut dibawah ini cara mengatasi MacBook pro tidak bisa di Charger.

Cara Mengatasi MacBook Pro Tidak Bisa Di Charger

1. Selalu Periksa Kondisi Charger/ Magsafe

Adptor, kabel, dan port Charger merupakan salah satu masalah kenapa MacBook Pro tidak bisa di Charge. Selalu lakukan pengecekan pada kabel magsafe dakah kabel yang putus atau terkelupas. Jika ada kebel yang terkelupas segera tutup dengan selotip atau perekat lainnya.

Periksa port charger dan bersihkan secara berkala jangan sampai ada terlalu banyak debu yang dapat menghalangi arus listrik yang masuk saat proses pengecasan.

Simpan dan rapikan kabel di tempat yang aman agar tidak tersenggol dan terjatuh dari ketinggian.

2. Reset SMC MacBook Pro

Dengan melakukan reset SMC (System Management Controller) kalian bisa memulihkan system software macosx tanpa kalian menginstall ulang. Ada 2 cara untuk melakukan reset SMC yakni dengan Apple T2 chip dan Non Apple T2 Chip untuk MacBook tanpa system Apple T2 Chip.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Mati

Berikut langkah – langkah reset SMC

  1. Reset SMC Apple T2 Chip
  • Turn off MacBook
  • Tekan dan tahan pada tombol keyboard Control dan Option sebelah kiri + tombol Shift sebelah kanan selama 7 detik.
  • Lalu tekan dan tahan tombol Power Botton selama 7 detik tanpa melepas 3 tombol sebelumnya.
  • Tunggu beberapa detik, kemudian nyalakan MacBook Pro sperti biasa.
  1. Reset SMC Non Apple T2 Chip
  • Turn off MacBook
  • Tekan dan tahan tombol keyboard Control dan Option sebelah kiri + tombol Shift sebelah kiri.
  • Tanpa melepas 3 tombol sebelumnya tekan dan tahan tombol Power Botton selama 10 detik.
  • Setelah itu tunggu beberapa saat lalu hidup kan MacBook seperti biasa.

3. Reset RAM Dan PRAM

Jika kalian sudah mereset SMC tapi MacBook Pro masih tidak bisa di cas coba mengatasinya dengan reset RAM dan PRAM pada MacBook. Berikut langkah langkahnya.

  • Matikan MacBook tunggu beberapa  saat lalu hidupkan kembali
  • Sebelum masuk pada Logo Apple tekan dan tahan tombol Command + Option + P + R pada keyboard.
  • Tahan tombol tersebut sampai MacBook melakukan restar kembali yang menadakan proses reset berhasil
  • Tunngu sampai MacBook  masuk kembali pada tampilan desktop
  • Dan selesai.

4. Periksa Kondisi Battery MacBook

Standart dari Apple untuk kesehatan baterai ialah tidak lebih dari 1000CC Cycle Count kondisi baterai yang kritis tentu tidak akan bisa kita Charge lagi untuk mengtahuinya gunakan cara berikut.

  • Klik logo Apple di menu bar lalu pilih dan klik About This Mac
  • Klik pada tombol System Report, kemudian masuk ke menu Power
  • Disitu akan menampilkan kondisi baterai sperti pada Healt Information yang menampilkan jumlah Cycle Count dan kondisi baterai.

Ada 4 indikasi pada kondisi baterai yang bisa kalian temukan berikut penjelasannya.

  1. Normal: kondisi baterai normal dan berfunsi dengan baik.
  2. Ganti Segera: kondisi baterai normal tetapi meyimpan daya lebih sedikit ketimbang denan kondisi baru.
  3. Ganti Sekarang:kondisi baterai normal dan sama dengan indikasi yang ke 2 namun dengan   peringatan yang lebih serius lagi.
  4. Service battery: kondisi baterai tidak normal dan kalian harus segera memperbaiki atau mengganti baterai MacBook Pro kalian.
Baca Juga :  Biaya Service Laptop Mati Total

5. Lepas Dan Pasang Baterai MacBook

Lepas dan tunggu beberapa menit lalu pasang kembali baterai MacBook. Sebenarnya cara ini sangat umum dan kebanyakan berhasil ini dilakukan untuk merifres baterai yang Overheat.

6. Mengganti Baterai Atau Magsafe

Cara terahir yang bisa kita lakukan ialah mengganti Magsafe jika memang, Magsafe sudah tidak bisa digunakan lagi tentunya ganti dengan Magesafe yang di rekomendasikan oleh Apple dan bisa digunakan untuk MacBook kalian.

Ganti baterai jika memang perlu diganti pilih baterai yang sesuai dengan Type MacBook Pro yang sama. Dengan mengunjungi took Apple reapair atau ke Apple Service langsung.

Itulah penyebab dan cara mengatasi MacBook Pro tidak bisa di Charger yang bisa kami sampaikan dan merupakan cara terbaik.

Gunakan MacBook kalian sesuai kebutuhan, dan rawat MacBook secara berkala supaya tidak terjadi permasalahan seperti di jelaskan diatas.

Semoga Artikel ini membantu kalian dalam mengatasi masalah MacBook Pro Tidak Bisa Di Charger. Punya laptop bermasalah segera hubungi kami di nomor 085333222881/085333000861 atau kunjungi laptopmati.id / tritop.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *