Penyebab VGA Laptop Rusak Dan Cara Memperbaiki

Penyebab VGA Laptop rusak dan cara memperbaiki tritop.co.id

VGA laptop rusak bisa disebabkan dari banyak hal. Biasanya untuk mengecek VGA yang bermasalah bisa dilihat dari hasil gambar yang ditampilkan pada layar.

VGA Card yang merupakan modul pengolah grafik ini merupakan komponen laptop yang tergolong sangat mahal. Angkanya bisa menyentuh puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk merek dan jenis tertentu.

Mahalnya dari harga VGA dikarenakan fungsinya yang sangat vital dalam mempermudah pekerjaan seseorang, baik dalam editing multimedia hingga seorang gamer professional.

Maka sangat disayangkan jika ada masalah pada VGA laptop apabila tanpa dibarengi dengan  pengetahuan lebih mengenai bagaimana merawat maupun penggunaan VGA yang baik dan benar.

Tentu akan membuat kita pusing tujuh keliling jika VGA laptop yang mahal sudah mengalami indikasi kerusakan. Kali ini kami akan membahas penyebab vga laptop rusak dan cara memperbaiki juga, yuk simak terus artikel ini.

Ciri-Ciri VGA Laptop Mengalami Kerusakan

1. Blue Screen 

Blue screen merupakan indikasi bahwa pada laptop kamu ada komponen yang bermasalah, salah satunya yaitu chipset VGA.

Ketika chipset mengalami kegagalan kinerja, maka layar akan terlihat gelap dan tidak menampilkan apa-apa.

2. Layar Berkedip

Layar berkedip, selain indikasi kerusakan pada monitor juga merupakan tanda adanya kerusakan pada VGA kamu. Silahkan pastikan apakah monitor kamu rusak atau tidak.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

3. Muncul Artefak Pada Layar Laptop

Artefak adalah suatu gambar aneh yang muncul pada layar laptop kamu.

Masalah ini muncul ketika VGA kamu sudah usang atau terlalu sering mengalami overheat yang tidak didukung dengan pendingin yang memadai.

4. Laptop Sering Hang Atau Freeze

VGA menandakan bermasalah ketika laptop kamu sering mengalami hang maupun freeze saat menonton film, editing video, dan membuka aplikasi berat lainnya seperti game dengan kualitas gambar tinggi.

5. Bunyi Kipas Yang Sangat Bising

Adanya masalah pada VGA akan membuat FAN kipas berputar lebih cepat atau bisa juga suara kipas yang bising berasal dari kotoran yang ada pada kipas.

6. Sering Stopped Working

Jika ini terjadi pada VGA laptop kamu, kemungkinan penyebabnya ada dua. Yaitu yang pertama driver VGA bermasalah dan yang kedua adanya kerusakan pada chipset VGA nya.

Setelah kamu ketahui atau kamu alami sendiri ciri-ciri diatas, ada baiknya untuk mengetahui juga apa saja penyebab yang bisa membuat VGA kita rusak. Simak penjelasan dari kami berikut ini.

Penyebab VGA Laptop Rusak

1. Kerusakan Pada Fisik VGA

Penyebab pertama bisa berasal dari fisik VGA itu sendiri. Seperti FAN kipas yang sudah tidak berputar dengan maksimal karena terhambat kotoran maupun benda lain.

Selain itu kerusakan lainnya seperti pin VGA yang rusak karena goresan, baut yang kendur, dan kerusakan pada heatsink.

Usahakan setiap melakukan pemasangan VGA benar-benar memperhatikan posisi apakah sudah pas pada portnya. Karrena kesalahan pemasangan bisa jadi penyebab utama VGA mengalami kerusakan fisik.

2. Overload

Penggunaan laptop tanpa mengetahui kemampuan dari komponen-komponennya bisa berujung pada kerusakan jika terlalu sering memaksakan kinerja hardware. 

Seperti halnya pada modul Graphic Card ini, jika kamu tetap memaksa dalam penggunaannya seperti menjalankan aplikasi yang berat dalam kurun waktu yang lama, bisa menurunkan kinerja dan memperpendek usia VGA.

Baca Juga :  4 Penyebab Laptop Mati Total dan Tidak Bisa Dicas

3. Suhu Panas Berlebih (Overheat)

Overheat atau suhu panas berlebih bisa muncul karena pemakaian laptop yang tidak sehat. Penggunaan dengan cara overclocking melebihi batas maksimal bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Penyebab lain bisa berasal dari pemakaian laptop dengan alas yang empuk sehingga bisa menghambat sirkulasi udara di bawah laptop.

Overheat yang sering diabaikan dalam jangka yang berkelanjutan bisa menimbulkan kerusakan komponen karena ada IC yang terbakar.

4. Terjadi Konsleting Pada VGA

Konslet atau terjadinya arus pendek bisa terjadi jika suhu VGA terlalu panas dan menimbulkan melelehnya bagian seperti pada bagian solder beads. 

Pemasangan yang tidak pas maupun hal lain seperti terkena air bisa menimbulkan konsleting pada VGA.

5. Aliran Listrik Tidak Stabil

Penyebab selanjutnya bisa berasal dari aliran listrik yang tidak stabil. Tinggi dan lemahnya arus listrik bisa menjadi masalah yang sangat serius pada komponen laptop termasuk VGA.

Mencegah hal ini terjadi, biasakan untuk mengecek kondisi charger laptop kamu apakah masih menyalurkan daya seperti biasanya. 

Usahakan menggunakan single stop kontak agar menghindari arus listrik yang terbagi pada perangkat elektronik lain. 

6. VGA Banyak Debu

Debu dan kotoran jika dibiarkan memang akan mengganggu kinerja laptop. Solusinya adalah dengan melakukan pembersihan pada komponen laptop dengan teratur. 

Pada kasus tertentu, tumpukan debu atau kotoran pada VGA bisa membuat VGA mudah cepat panas. Suhu panas bisa saja meningkat dengan cepat karena sirkulasi udara menjadi terhambat. 

Selain itu, tumpukan kotoran pada kipas bisa menyebabkan kipas berputar menjadi lemah atau bahkan mati total.

7. Kecerobohan User

Penyebab yang terakhir bisa berasal dari kecerobohan manusia sebagai user dari laptop. Seperti pemasangan VGA yang kurang pas, menjatuhkan laptop, menumpahkan cairan ke dalam laptop, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat VGA laptop kamu rusak. 

Baca Juga :  Biaya Service Laptop Mati Total

Setelah mengetahui penyebabnya, yuk ketahui bagaimana solusi yang bisa diterapkan dalam upaya untuk mengatasi VGA laptop rusak.

Cara memperbaiki VGA Laptop Onboard rusak

Setelah mengetahui penyebab vga laptop rusak dan memahaminya, kini kita akan membahas cara memperbaiki nya.

Sebelum memulai memperbaiki VGA, siapkan terlebih dahulu peralatan khusus seperti BGA Rework Station, Solder, blower dan Reball Stencil kit.

Karena VGA yang ada pada laptop berbeda dengan yang ada pada PC desktop. VGA laptop berupa chipset yang menempel pada mainboard. 

Oke langsung saja simak langkah-langkah memperbaikinya.

1. Panaskan Chip VGA

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara memanaskan chipset VGA dengan suhu sekitar 180 hingga 210 derajat celcius menggunakan BGA Rework Station.

Proses ini bertujuan agar sambungan antara chip dengan mainboard berfungsi lagi. 

2. Perbarui Timah Pada Kaki Chip VGA

Yang kedua periksa apakah timah yang ada pada kaki chip ada yang retak ataupun meleleh. Jika iya, silahkan ganti dengan solderan timah yang baru dan pastikan ter solder dengan sempurna.

3. Ganti Chip VGA Dengan Yang Baru

Jika kedua proses diatas masih belum ada hasil, silahkan ganti chip VGA dengan yang baru. Dan pastikan jenis chipnya sama. 

4. Disable VGA

Jika VGA bermasalah, silahkan disable VGA laptop kamu dan biarkan fungsi grapik diambil alih oleh processor. Namun tidak semua laptop memiliki type processor seperti ini.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki VGA laptop yang bermasalah.

Namun untuk menghindari kerusakan yang tambah parah, kami sarankan untuk membawa ke teknisi saja supaya laptop kamu mendapatkan penanganan yang baik.

Sekian tulisan yang meliputi dari ciri-ciri, penyebab hingga memperbaiki VGA laptop yang rusak ini, semoga bermanfaat. Laptop rusak mau jual, yuk bisa hubungi kami di 085333222881/085333000861 atau langsung kunjungi situs laptopmati.id / tritop.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *