Penyebab Laptop Mati Total & Solusi Memperbaikinya

Penyebab Laptop Mati Total tritop.co.id

Laptop Mati total? Ini penyebab dan solusinya

Laptop bagi sebagian orang tentu sangat penting sekali, selain hanya untuk bermain game, memutar music, dan menonton film, laptop juga berfungsi sebagai alat untuk kita menghasilkan pundi-pundi uang. 

Lantas bagaimana jika laptop kamu mengalami kerusakan mati total, bisa-bisa kamu kehilangan penghasilan karena tidak bisa bekerja lagi kan?

Apalagi dengan adanya wabah pandemic ini, seorang karyawan dituntut bekerja dari rumah yang tentunya membutuhkan perangkat komputer PC atau laptop.

Jika sampai laptopnya mati akan sangat berdampak pada pekerjaannya.

Membawa laptop yang sudah mati total ke tempat servis adalah langkah yang bijak. Namun, ada baiknya jika kamu ketahui dulu apa saja penyebab laptop bisa mati total dan kira-kira apa saja solusi yang bisa dilakukan.

Penyebab Laptop Mati Total.

1. Terjadi Benturan Pada Laptop

Penyebab yang pertama bisa karena adanya benturan pada laptop yang membuat adanya kerusakan pada komponen didalam laptop. 

Benturan keras seperti terjatuh bisa berakibat gagal fungsi dari komponen tertentu. Lebih parahnya laptop kamu bisa mati total.

Usahakan ketika membawa laptop selalu menggunakan tas khusus laptop untuk meminimalisir kerusakan ketika laptop kamu terjatuh maupun terkena benturan. Karena tas khusus laptop ini memiliki pelindung berupa bantalan empuk seperti spons.

2. Ada Komponen Laptop yang Konslet

Konsleting bisa menyebabkan laptop mati total dan penyebabnya pun bisa sangat bervariasi. 

Baca Juga :  Tips Tukar Tambah Laptop Mudah dan Aman

Yang lebih sering terjadi yaitu karena terjadinya suhu panas yang sangat berlebih didalam laptop yang bisa menimbulkan komponen meleleh dan kemudian merembet ke komponen lainnya.

Pemasangan komponen seperti RAM, HDD, dan VGA yang kurang pas juga bisa menimbulkan konslet.

Selain itu, aliran listrik yang tidak stabil juga bisa menyebabkan komponen terbakar ketika arus listrik begitu tinggi melebihi batas dari yang dibutuhkan komponen laptop.

Maka dari itu, pastikan penggunaan laptop kamu tidak berlebihan, agar laptop kamu tidak mudah panas atau overheat dan selalu perhatikan juga dalam pemasangan komponen laptop memang sudah benar dan pas.

3. Laptop Asus Mati Karena Terkena Air

Laptop sangat rentan mengalami kerusakan, jika laptop terkena air, sudah dapat dipastikan akan menimbulkan masalah.

Dalam kondisi seperti ini, baik itu laptop asus, acer, HP, maupun Toshiba, kerusakan yang muncul sama saja.

Karena komponen laptop itu terbuat dari logam dan teraliri listrik, bila terkena air tentu bisa menyebabkan konslet dan akhirnya laptop mati total.

Biasanya yang sangat rentan akan kerusakan yaitu pada mainboardnya. Jika mainboard terkena air saat dalam kondisi menyala, mainboard akan mengalami korosi dan mewajibkan kamu harus menggantinya dengan yang baru.

4. Laptop Mati Karena Baterai Laptop 

Penyebab laptop mengalami mati total yang terakhir bisa berasal dari kerusakan hardware seperti baterai laptop. 

Baterai laptop yang sudah ngedrop bisa menyebabkan laptop kamu tidak bisa menyala sama sekali, di charge pun biasanya membutuhkan waktu yang lama baru laptop bisa dinyalakan kembali.

Namun jika tetap tidak bisa menyala, kemungkinan ada kerusakan pada baterai atau konektor baterainya. 

Solusi Memperbaiki Laptop Mati Total

Setelah mengetahui apa saja penyebab yang bisa membuat laptop atau netbook mati total, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mencoba memperbaikinya.

Baca Juga :  4 Penyebab Laptop Mati Total dan Tidak Bisa Dicas

1. Memperbaiki Laptop Mati Karena Benturan / Terjatuh

Laptop maupun netbook mati total karena terjatuh bisa disebabkan rusaknya komponen seperti LCD, RAM, mainboard, baterai, maupun pada kabel fleksibelnya.

Untuk itu yang perlu kamu lakukan yaitu silahkan cek satu persatu dari komponen laptop kamu. Periksa dengan jeli, bisa saja karena baterai yang sedikit geser atau terlepas dari soketnya juga bisa menjadi penyebabnya setelah terjadi benturan.

Lihat apakah ada keretakan atau keregangan pada LCD. Jika dari fisik luar hanya sedikit goresan saja, tidak ada yang terlalu parah, bongkar laptop dan periksa bagian dalamnya.

Laptop yang terjatuh dengan keras bisa saja menyebabkan komponen mengalami patah. Seperti halnya mainboard.

Mainboard sendiri memiliki beberapa lapisan jalur. Jika jalur yang vital mengalami kerusakan tentu salah satu caranya bisa dengan mengganti mainboard laptop patah dengan yang baru.

Jika kamu tidak terbiasa membongkar laptop atau netbook, sebaiknya langsung bawa saja ke tempat service laptop guna menghindari kerusakan baru karena kesalahan kita dalam membongkar.

2. Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Karena Konslet

Kita ketahui korslet atau arus pendek bisa terjadi ketika salah satu komponen sudah mengalami kinerja yang lemah. Mungkin karena efek usia maupun karena terlalu sering overheat.

Solusinya yang pertama yaitu membongkar laptop dan periksa semua modul seperti RAM, Hardisk, VGA, LAN Card, kemudian pasangkan kembali.

Jika laptop masih belum bisa menyala, coba cek pada bagian mainboard. Apakah pada mainboard terdapat IC atau kapasitor yang gosong terbakar karena konsleting.

Jika pada bagian mainboard terdapat part yang gosong, missal yang terbakar kapasitornya, kamu melepas dang anti dengan yang baru.

Penting juga periksa pengkabelannya, mungkin saja ada kabel yang sedikit putus atau mengelupas.

Lebih aman mengatasi konsleting adalah dengan membawa ke teknisi yang sudah ahli. Karena pengecekan komponen diperlukan pemahaman yang cukup serta alat yang memadai untuk mengecek tegangan dari komponen yang ada pada mainboard.

Baca Juga :  Kenapa Laptop Mati Sendiri?

3. Solusi Mengatasi Laptop Mati Terkena Air

Jika laptop maupun maupun computer kamu terkena air, segera lepas semua sumber daya seperti baterai, charger, maupun PSU nya. Ini dilakukan agar konsleting tidak sampai terjadi.

Kemudian segera lap bagian yang terkena air dengan kain kering yang bersih. Jika air sudah masuk melalui sela-sela keyboard, ada baiknya balikkan laptop dengan tujuan air bisa menetes keluar.

Jika kasus terkena airnya dirasa sudah masuk kedalam laptop, ya harus segera bongkar laptop dan lepas semua modul dan mainboard, kemudian keringkan dan pastikan tidak ada lagi bagian yang basah.

Pasang kembali part yang tadi dibersihkan, dan silahkan coba hidupkan kembali laptop kamu. 

Jika kemudian laptop kamu tetap tidak bisa menyala, jangan piker panjang lagi, segera bawa laptop mu ke teknisi supaya bisa dicek satu-satu dari komponen yang kemungkinan sudah mengalami kerusakan.

4. Mengatasi Laptop Mati Karena Baterai Rusak

Laptop yang mati total karena baterai bisa disebabkan dua hal, pertama karena baterai laptop benar-benar habis daya hingga 0%. 

Jika seperti ini, coba charge laptop kamu dan tunggu hingga beberapa menit. Jika lampu indicator pengisian baterai menyala, kemungkinan laptop sudah bisa dinyalakan

Dan yang kedua baterai yang sudah tidak berfungsi atau rusak. Langkah yang bisa kamu coba yaitu dengan mencopot baterai dan kemudian hubungkan charger ke laptop langsung tanpa baterai, kemudian nyalakan laptop.

Apabila upaya diatas masih saja tidak membuahkan hasil, admin laptopmati.id menyarankan agar membawa laptopmu ke teknisi yang sudah terpercaya. Bila tidak lagi di pakai bisa jual ke laptopmati.id / tritop.co.id, atau langsung hubungi nomer admin 085333222881/085333000861.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *