8 Tanda LCD Laptop Rusak

LCD Laptop Rusak tritop.co.id

Tanda LCD Laptop Rusak – LCD laptop adalah komponen penting pada laptop itu sendiri, dimana hardware yang satu ini berperan sebagai output yang berupa display (gambar, video, tulisan) sesuai perintah yang kita lakukan dalam mengoperasikan laptop.

Dengan demikian adanya kerusakan pada LCD laptop tentu saja dapat mengganggu aktivitas kita, misalnya saja muncul garis-garis pada layar laptop, timbul bercak hitam maupun putih, lebih parah lagi layar mengalami blank.

Apabila hal itu terjadi pada lcd laptop anda, tentu akan sangat menghambat pekerjaan anda saat mengetik, editing maupun dalam memainkan game.

Berikut Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Layar Laptop

1. Muncul Garis-Garis Pada Layar Laptop

Layar laptop bergaris memang tidak terlalu mengganggu jika garis-garis yang muncul hanya sedikit. Namun ada baiknya kerusakan ini segera anda atasi sebelum jumlah garis semakin banyak dan semakin parah.

Penyebab layar bergaris kemungkinan bisa berasal dari error system maupun kesalahan pada hardware itu sendiri.  

Jika dikarenakan system yang eror, coba anda update driver display adapter. jika tidak berhasil, kemungkinan adanya masalah pada kabel fleksibelnya. 

2. Layar Laptop Berkedip

Masalah yang satu ini kerap terjadi dikarenakan beberapa factor, yang pertama bisa karena daya listrik yang tidak stabil atau bisa karena adanya gangguan pada VGA laptop anda. 

Baca Juga :  Penyebab & Solusi Mainboard Laptop Rusak

Selain itu, layar berkedip bisa juga dikarenakan processor yang terlalu panas, dan resolusi layar yang terlalu tinggi.

Mengatasi masalah ini anda perlu mmenjaga suhu processor, control fan apakah bekerja secara optimal. Periksa kesehatan VGA, upgrade driver VGA jika diperlukan. Setting ulang resolusi layar laptop anda melalui control panel, yang terakhir anda bisa menggunakan stabilizer agar daya listrik menjadi lebih stabil.

3. Layar Laptop Blank

Kebingungan dan panik begitu yang anda rasakan ketika layar laptop anda tiba-tiba mengalami blank atau black screen. Penyebabnya pun bervariasi, bisa saja karena adanya kerusakan pada RAM, kabel fleksibel yang bermasalah, dan juga laptop mengalami overheat.

Cara mengatasi black screen atau layar blank yang pertama yaitu cek RAM laptop, bersihkan pin RAM dengan menggunakan penghapus karet. Pin RAM yang kotor akan menimbulkan berbagai masalah salah satunya yaitu layar menjadi blank.

Cek kondisi kabel flexiblel apakah masih berfungsi dengan baik. Komponen yang satu ini sangat rawan rusak apalagi bagi kalian yang tidak hati-hati saat membuka dan menutup laptop. 

Install ulang windows jika semua hardware dirasa masih berfungsi dengan normal.

4. Bintik-Bintik Putih (White Spot)

White Spot atau bintik putih pada layar laptop adalah masalah yang disebabkan jamur yang menempel pada LCD laptop.

Hal ini besar dipengaruhi karena tempat kita menaruh laptop di area yang lumayan lembap, dan laptop dalam kondisi yang jarang dipakai.

Sekilas bintik putih pada layar tidak begitu mengganggu, namun lama kelamaan akan terasa tidak enak dimata ketika kita didepan laptop dalam waktu yang cukup lama.

Mengatasi White Spot bisa dibilang mudah namun tetap berisiko, karena harus membongkar layar laptop.

Yang pertama anda lakukan adalah dengan membongkar casing layar laptop anda. Kemudian lepaskan baut pengait LCD bagian atas, dan biarkan bagian bawah tetap terpasang, karena kita membutuhkan kondisi layar yang tetap menyala.

Baca Juga :  Service Laptop Cepat

Lepas selotip LCD, dan mulai buka lapisan LCD satu persatu, karena White Spot biasanya berada pada lapisan ke 4 LCD.

Cara membersihkan White Spot yaitu dengan menggunakan cotton bud yang diberi air kemudian gosokkan halus dan hati-hati pada titik yang berjamur. Setelah keringkan dengan tissue.

Jika dirasa bintik putih sudah hilang, pasang dan rapatkan kembali bagian-bagian LCD kedalam bentuk semula.

Perlu diingat, LCD adalah komponen vital yang sangat rawan kerusakan. Biasakan untuk tidak menyentuh bagian LCD dengan sembarangan karena dikhawatirkan akan meninggalkan debu sehingga menimbulkan masalah lainnya pada LCD laptop anda.

5. Layar Berwarna

Masalah yang satu ini adalah dimana layar yang berubah warna tidak seperti biasanya, ada yang dominan berwarna pink, kebiruan juga kemerahan. 

Penyebabnya bisa bervariasi, biasanya yang sering terjadi adanya masalah pada kabel flexible, VGA yang rusak, maupun LCD yang rusak.

Untuk mengetahui lebih lanjut , silahkan hubungkan laptop pada layar eksternal. Jika tampilannya normal, bisa dipastikan masalah ada pada kabel fleksibel.

Bongkar layar laptop, coba ganti kabel flexible dengan yang baru, jika tampilan tetap bermasalah dapat dipastikan LCD laptop lah yang rusak. 

6. Tampilan Gelap (No Backlight)

Kerusakan layar laptop yang satu ini cenderung mudah didiagnosa, pasalnya kontruksi layar laptop terdapat 2 bagian penting yaitu bagian yang menampilkan data dari system dan yang kedua adalah bagian yang mengatur brightness.

Jika tampilan layar menjadi gelap namun masih bisa menampilkan display seperti laptop normal biasanya, dapat dipastikan penyebabnya adalah adanya masalah pada lampu backlight.

Penyebab lain biasanya dikarenakan adanya kerusakan pada IC Power yang berfungsi sebagai penyuplai tenaga.

Cara mengatasinya cukup ganti lampu backlight dengan yang baru.

Baca Juga :  Tempat Jual Laptop Bekas Rusak Terbaik

7. Layar Laptop Gerak Sendiri

Selain bikin merinding, layar laptop yang bergerak-gerak tentu sangat mengganggu mata kita saat didepan laptop.

Hal ini biasanya disebabkan karena overheating atau suhu laptop terlalu panas. Solusinya anda bisa mematikan laptop agar istirahat sejenak atau bisa fan kipas eksternal agar dapat mengurangi suhu pada laptop.

Selain itu penyebab bisa berasal dari kabel fleksibel yang longgar atau tidak terpasang dengan baik. Bongkar layar laptop, buka dan pasang lagi kabel flexible dan tambahkan perekat agar soket terpasang dengan sempurna.

8. Layar Laptop Pecah

Ini adalah kerusakan layar yang paling ekstrem. Penyebabnya karena adanya benturan keras pada layar.

Usahakan tidak membawa laptop dengan tangan kosong tanpa diberikan pelindung berupa tas khusus laptop, hal ini agar meminimalisir terjadinya kerusakan saat terjadinya benturan.

Solusinya yaitu mengganti layar dengan yang baru atau bisa juga jual laptop dan beli yang baru. 

Tips Merawat Layar Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

  • Gunakan laptop dengan sewajarnya agar laptop tidak mudah panas 
  • Buka tutup laptop dengan hati-hati 
  • Tidak menaruh barang diatas laptop
  • Jangan menyimpan laptop dalam ruangan yang lembab agar terhidar dari jamur yang bisa tumbuh pada lapisan LCD
  • Bersihkan layar menggunakan cairan khusus agar tampilan terlihat bersih dari debu
  • Selalu gunakan tas khusus saat membawa laptop untuk bepergian.

Itu saja hal yang bisa kami bagikan mengenai tanda tanda yang menyebabkan LCD / layar laptop rusak. Kalau mau jual laptop minus LCD bisa hubungi nomor 085333222881/085333000861 atau laptopmati.id / tritop.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *